blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Memiliki kulit yang sehat, kenyal dan cerah tentu merupakan keinginan semua orang.

Dilansir dari Suara.com namun, di masa muda ini banyak yang masih tidak memperhatikan gaya hidup dan pola makan yang sehat dan seimbang sehingga rentan terkena penyakit dan kulit yang cepat menua di usia dini.

Padahal, terdapat sejumlah makanan yang ternyata mampu memberikan manfaat dan khasiat yang bisa mencegah penuaan dini sehingga kulit menjadi lebih sehat, alami serta tampak lebih awet muda.

Hellosehat.com melansir, terdapat sejumlah makanan yang memiliki sifat anti-aging yang dapat mencegah penuaan dini pada wajah, seperti:

Baca Juga: Dapat Memperlancar Pencernaan, Ini 6 Manfaat Air Nabeez bagi Kesehatan

1. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang mete, kacang tanah, dan sebagainya merupakan pilihan yang tepat jika saja ingin mencegah penuaan dini pada wajah. Kacang memiliki kandungan yang kaya akan serat, protein serta omega-3 yang bebas dari lemak jenuh.

2. Jamur

Kandungan pada jamur dapat berguna sebagai anti kanker yang mampu membunuh serta memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak. Jamur yang kaya akan mineral, seperti selenium dan kalium ini mampu mencegah penuaan dini terutama pada saraf otak seseorang.

3. Ikan Laut

Kandungan asam lemak omega-3 yang ada pada ikan laut sangat bermanfaat pada kesehataan kulit, salah satunya mencegah penuaan dini pada seseorang.

Kandungan pada ikan dapat memperkuat membran sel kulit, memberikan kelembapan pada kulit serta melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan dari paparan sinar UV.

Baca Juga: 15 Manfaat Buah Kurma yang Jarang Diketahui, Kamu Harus Tahu!

4. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam mampu memberikan sejumlah manfaat pada kulit wajah. Kandungan pada bayam itu sendiri sangat menghidrasi dan dibalut oleh antioksidan yang dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen yang berguna menjaga kulit wajah agar tetap halus dan kencang.

5. Cokelat

Dengan konsumsi dark chocolate (cokelat pahit) ternyata dapat membantumu mendapatkan kulit wajah yang tampak lebih awet muda. Camilan cokelat ini memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan yang menyehatkan sehingga kamu tidak perlu takut dan bingung lagi di saat ingin ngemil.

6. Yogurt

Konsumsi yogurt yang bebas gula dan rendah lemak secara rutin dapat membantu memperkuat kepadatan pada tulang tubuh. Yogurt memiliki kandungan yang kaya akan kalsium serta berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tubuh akan tetap kuat dan kulit akan tetap sehat di usia tua.

Baca Juga: Ini Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur saat Puasa

7. Alpukat

Kandungan alpukat yang terdiri dari lemak jenuh dan serat mampu menjaga kesehatan pada jantung dan mencegah kanker. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin E yang mampu memproduksi kolagen sehingga kulit akan tetap cerah dan kenyal yang mampu mencegah keriput pada kulit wajah.

8. Semangka

Makanan selanjutnya yang dapat mencegah penuaan dini ialah semangka. Buah ini kaya akan vitamin A, vitamin C serta vitamin E yang dipercaya mampu mencegah kulit keriput pada wajah sehingga kulit tetap sehat, kenyal dan halus.

Itulah 8 makanan pencegah penuaan dini untuk tubuh, sehingga kulit tampak lebih awet muda. Semoga bermanfaat.

Claudia