blank
Ilustrasi kurma muda bisa meningkatkan kesuburan wanita. Foto: Dok/Alodokter

Tips meningkatkan kesuburan wanita

Untuk meningkatkan kesuburan wanita agar bisa cepat hamil, ada beberapa cara yang dapat diterapkan.

1. Konsumsi makanan bergizi
Kamu perlu tahu bahwa pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan mengandung antioksidan tidak hanya meningkatkan kesuburan wanita, tetapi juga kesuburan kaum pria.

Makanan tersebut baik untuk menangkal efek radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, paparan zat ini secara berlebihan diketahui dapat menurunkan kualitas sel telur dan sperma.

2. Tetap aktif berolahraga
Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk meningkatkan kesuburan, khususnya bagi wanita yang mengalami obesitas. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk rutin berolahraga secara rutin, seperti yoga, berjalan kaki, berenang, atau bersepeda, untuk meningkatkan kesuburanmu.

3. Kelola stres dengan baik
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa stres berlebihan atau berkepanjangan bisa mengurangi kesuburan. Saat mengalami stres, tubuhmu mengalami perubahan hormonal. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa stres bisa mengganggu kesuburan. Oleh karena itu, bila kamu ingin cepat hamil, kamu harus bisa mengelola stresmu dengan baik

4. Hindari minuman berkafein dan beralkohol
Jika kamu ingin segera dikaruniai anak, kamu harus menghindari atau membatasi diri untuk mengkonsumsi minuman berkafein dan beralkohol. Kedua minuman jenis ini dipercaya dapat menurunkan tingkat kesuburan.

5. Kontrol kenaikan berat badan
Kekurangan atau kelebihan berat badan bisa mengganggu kesuburan. Pada wanita, jumlah lemak yang tersimpan dalam tubuh bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Wanita yang mengalami obesitas lebih berisiko mengalami menstruasi yang tidak teratur dan gangguan pada masa subur. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesuburan, jagalah berat badan agar tetap ideal.

Berikhtiar agar cepat hamil dengan mengkonsumsi kurma muda memang bukanlah hal yang dilarang. Namun, bila kamu sudah menerapkan tips-tips di atas dan rutin berhubungan seks selama masa subur tetapi belum juga hamil, sebaiknya kamu dan pasangan memeriksakan diri ke dokter.

Untuk mengetahui tingkat kesuburanmu dan pasangan, biasanya dokter akan menganjurkan kalian berdua untuk menjalani tes kesuburan. Jika diperlukan, kamu atau pasangan juga mungkin akan dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen tertentu, untuk meningkatkan kesuburanmu.

Ning S