blank
Berjalan menyusuri pantai pasir putih Ombak Mati Bondo, Jepara. Foto: R. Widiyartono

Sedangkan pantainya juga indah, seperti di Teluk Awur yang dekat dengan kampus Undip, kemudian Pantai Kartini, Bandengan, Pungkruk, Punuk Sapi, dan ada yang unik namanya Pantai Ombak Mati di Desa Bondo Kecamatan Bangsri.

Pantai Ombak Mati memiliki spot-spot menariknya, dan menjadi lokasi yang pas untuk berlibur bersama keluarga. Seperti Namanya, Ombak Mati, air laut di pantai ini tidak bergelora, bahkan nyaris tidak ada ombak.

Yang menarik lagi, pantai ini terbuka selama 24 jam, maka bagi yang ingin berlama-lama menikmati keindahan pantai saat pagi hari atau menikmati sunset di senja hari. Maka wajar saja bila tempat wisata murah satu ini selalu ramai akan wisatawan baik lokal Jepara maupun luar daerah.

Jarak dari pusat kota Jepara juga tidak terlalu jauh, hanya sekitar 16 kilometer menuju ke arah Pati. Untuk sepeda motor pun nyaman, begitu pula menggunakan mobil. Jalan menuju ke lokasi ini cukup bagus, sehingga perjalanan juga terasa nyaman.

Mengunjungi Pantai Ombak Mati, kita bisa menyusuri pantai pasir putih yang Panjang, dengan semilir angin lautnya. Saat menemukan patung delman dengan kudanya, kita bisa berfoto di sana, untuk kemudian kita unggah di media sosial kita.

Boleh juga kita bermain ayunan yang tersedia di gugusan pasir putih itu. Bila mengajak anak-anak kecil, tentu akan senang sekali dengan bermain ayunan di sini. Tetapi bagi orang tua pun tidak menjadi masalah ketika harus bermain ayunan. Setidaknya bisa Kembali merasakan keindahan masa kecil dulu.

Pepohonan pandan laut juga menjadi sisi keindahan yang menarik. Keberadaannya menjadikan pantai ini tidak monoton. Kita pun bisa berfoto di dekat pohon pandan laut ini, dengan latar belakang laut yang indah.

Kemudian di dekat warung-warung wisata juga ada batu-batu besar yang tertata, dan kita bisa duduk bersantai di atasnya. Bila merasa haus, juga bisa menikmati segarnya kelapa muda.

Fasilitas Oke

Pantai Ombak Mati memang menyuguhkan pesona keindahan alam. Pantainya yang berpasir putih, dan ini sangat jarang di pantai-pantai yang ada pantura Jawa. Kemudian, di pantai yang indah itu juga terpajang patung-patung kayu.

Ada patung berbentuk delman lengkap dengan kudanya, sehingga kitab isa berfoto di sana, dan tentu sangat instagramabel. Obyek wisata Jepara satu ini juga menyajikan spot menarik dengan fasilitas yang cukup lengkap.