Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., dalam sambutannya menyatakan bahwa data yang dimiliki perguruan tinggi merupakan aset institusi tersebut. Menurutnya, dengan mengikuti dinamika pelaporan dan arahan LLDIKTI, akan memberikan dampak dan kenaikan peringkat akreditasi.

blank
Rektor UKSW Dr Intiyas Utami, SE, MSi memberikan sambutan dalam wrokshop. Foto: UKSW

Hal ini juga berdampak pada lulusan yang melamar di perusahaan dengan syarat berasal dari perguruan tinggi dengan akreditasi tertentu.

Rektor Intiyas juga mengajak para perwakilan pengelola PDDIKTI untuk memperhatikan perubahan regulasi serta merespon pelaporan dengan teliti. Ia juga memberikan contoh dalam pelaporan yang dilakukan UKSW yang tidak dilakukan dengan sesaat hingga memperoleh akreditasi unggul.

“Wujudkan guyub rukun dan gayeng dengan mengikuti arahan LLDIKTI Wilayah VI kita jadikan kampus teladan unggul dan menopang satu sama lain,” imbuhnya.

Validitas Data di Perguruan Tinggi

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., menegaskan pentingnya data valid yang dimiliki perguruan tinggi. Data PDDIKTI ini, lanjutnya, dapat dijadikan sebagai dasar dalam pemetaan, pengambilan kebijakan dan pengawasan dari LLDIKTI atau pusat.

Ditambahkan Bhimo Widyo Andoko, kegiatan yang diselenggarakan ini bertujuan agar PTS dapat menyelesaikan pelaporan sebelum penutupan dan diskusi tentang perubahan di PDDIKTI. Selain itu, workshop ini juga diselenggarakan untuk memupuk kesadaran akan tanggung jawab dan komitmen pimpinan perguruan tinggi dalam pelaporan secara valid dan tepat waktu.

“Apresiasi kami berikan kepada PTS yang sudah melaporkan secara valid, lengkap, dan tepat waktu,” pungkasnya.

Hadir sebagai pembicara dalam workshop, Sugiyatma, M.Kom., dan Ghufron, S.T., M.Kom., menyampaikan overview tentang pelaporan PDDIKTI, ajuan di PDDIKTI serta Best Practice PDDIKTI. Selain dua pembicara, Kapokja Sistem Informasi juga memberikan penjelasan kebijakan PDDIKTI, penyelesaian masalah PDDIKTI, serta penjelasan sistem LLDIKTI.

Pimpinan UKSW juga turut menghadiri kegiatan ini yaitu Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik dan Kemahasiswaan (PAK) Prof. Dr. Ferdy S. Rondonuwu, S.Pd., M.Sc., Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (KK) Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM (AFHEA), serta beberapa Dekan fakultas-fakultas di UKSW.

**/wied