blank
ANTRE - Warga harus antre untuk bisa berbelanja di pasar murah. (foto: moh hamzah)

KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Untuk mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Tegal bersama Pemerintah Kota Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Operasi Pasar Murah untuk komoditas beras premium dan bawang merah dengan harga yang terjangkau kepada masyarakat.

blank

Kegiatan tersebut dibuka Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, di Pendopo Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Senin (27/3/2023). Dalam operasi pasar tersebut, selain masyarakat bisa membayar dengan uang cash, masyarakat juga bisa membayar dengan uang elektronik (cashless) melalui scan Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS). Mereka yang membayar dengan QRIS pun mendapat gratis Minyak Goreng kemasan 1 liter dan cash back Rp 3 ribu.

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan operasi pasar murah ini untuk komoditi beras premium dan bawang merah.

“Di acara operasi pasar ini yang istimewa, kalau masyarakat membayar dengan QRIS ada cash back Rp 3 ribu sekaligus mendapatkan 1 liter minyak goreng. Operasi pasar ini sangat dimanfaatkan baik oleh masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya,” ucap Aaf.

Menurutnya, antusias masyarakat dalam berbelanja di operasi pasar murah ini sangat tinggi. Pihaknya berharap, kegiatan operasi pasar ini bisa bermanfaat untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari selama Ramadhan dan Lebaran nanti yang semua kebutuhan pokok biasanya terus mengalami peningkatan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi keberkahan dan membawa manfaat untuk masyarakat Kota Pekalongan,”harapnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Tegal, M. Taufik Amrozy menjelaskan bahwa, dalam operasi pasar murah ini menyediakan 300 sak atau 1.5 ton beras premium yang dikemas dalam 5 kg. Adapun harga beras premium di pasar murah ini hanya Rp52 ribu/5 kg dan 104 kg bawang merah dengan harga per kilogramnya hanya Rp18 ribu. Masyarakat yang membayar dengan QRIS mendapat hadiah 1 liter minyak goreng.

“Hadiah minyak goreng ini hanya sebagai QRIS experience saja. Dengan pasar murah ini mudah-mudahan bisa membantu masyarakat, karena ini sudah sering kami lakukan bersama jajaran TPID Pemda dari Brebes sampai Batang dan akan lebih digencarkan di Bulan Ramadhan ini,” pungkas Amrozy.

Salah satu warga Perumahan Podosugih, Rina menyambut antusias adanya operasi pasar murah Ramadhan ini untuk membantu memenuhi kebutuhan warga selama Ramadhan. Ia mengaku senang harga komoditi beras dan bawang merah yang dijual di operasi pasar murah ini selisih harganya terpaut jauh dengan harga di pasaran saat ini.

“Alhamdulillah, harganya terpautnya lumayan jauh kalau di pasaran biasanya beras dijual Rp13 ribu per kilogram atau setara Rp65 ribu untuk 5 kilogramnya. Sedangkan, di operasi pasar murah ini hanya Rp52 ribu per 5 kilogram. Untuk bawang merah di luaran biasanya sudah Rp 28 ribu per kilogram, sementara disini hanya Rp18 ribu per kilogram. Apalagi kalau beli dan bayar pakai QRIS bisa dapat gratis 1 liter minyak goreng,” tandas Rina.

Moh Hamzah