blank
Mengantisipasi arus mudik, Ganjar membuka program Mudik Gratis, yang ternyata sangat diminati warga Jateng yang ada di Jabodetabek. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak 1.000 kuota Mudik Gratis Kereta Api bantuan Gubernur Jawa Tengah tahun 2023, ludes dalam 30 menit. Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan, hal ini menunjukkan tingginya animo masyarakat terhadap program mudik ini.

Sebelumnya, Ganjar juga membuka Mudik Gratis Jateng dengan armada bus. Dimana kuotanya penuh dalam hitungan jam saja.

”Kami melihat, ternyata animo masyarakat untuk menggunakan fasilitas mudik kita tinggi sekali. Jadi kalau kemarin beberapa moda sudah kami luncurkan, responsnya cepat sekali. Baru beberapa menit, langsung habis,” kata Ganjar di kantornya, Senin (27/3/2023).

BACA JUGA: Polres Wonosobo Tindak Tegas Pelaku Perang Sarung

Secara keseluruhan, Ganjar membuka program itu untuk 11.608 pemudik Jateng. Sebelumnya, Ganjar sudah membuka pendaftaran untuk program Mudik Gratis Jateng 2023, untuk 2.700 orang dengan total 50 armada bus.

Adapun kuota Mudik Gratis Kereta Jateng 2023, disiapkan untuk 1.888 orang. Rinciannya, KA Menoreh (Jakarta-Semarang) 640 penumpang, KA Jaka Tingkir (Jakarta-Solo) 608 penumpang dan KA Kutojaya Utara (Jakarta-Kutoarjo) 640 penumpang.

”Ternyata juga luar biasa. Kereta ini menurut saya nyaman dan relatif on time, kecuali ada gangguan. Ini yang kita coba fasilitasi,” ujarnya.

BACA JUGA: CV Mugi- Mugi Mulyo Ekspor Perdana 25 Ton Lada Hitam Ke Dubai

Ditambahkan dia, program mudik gratis Jateng 2023 ini, diharapkan bisa mengakomodasi warga Jateng yang merantau di Jabodetabek.

”Target yang ingin kami sasar, ada asisten rumah tangga, pedagang kecil atau asongan, buruh bangunan atau buruh pabrik, pengemudi ojek online dan penyandang disabilitas,” ujarnya.

Selain bus dan kereta api dari Pemprov, program mudik gratis Jateng juga didukung elemen lain. Antara lain Bank Jateng, yang menyediakan 45 armada bus, Jasa Raharja dengan 12 bus, Paguyuban Jateng dengan lima bus, dan dari kabupaten/kota sebanyak 85 bus.

Tambahan informasi, Mudik Gratis Kereta Jateng 2023, akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pada Selasa 18 April mendatang. Ada tiga tujuan untuk program ini, yakni Semarang dengan KA Menoreh, Kutoarjo (KA Kutojaya Utara) dan Solo (KA Jaka Tingkir).

Riyan