blank
Menandai peringatan Hari Air Sedunia (World Water Day) Tahun 2023, Bupati Indrata Nur Bayu Aji (kedaua dari kanan) membagikan bantuan bibit tanaman untuk penghijauan pelestarian sumber daya air.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, Sabtu (25/3) memimpin peringatan Hari Air Sedunia (World Water Day) Ke-31 Tahun 2023. Peringatan dipusatkan di Desa Sambong, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, dalam peringatan tersebut Bupati menggelar bakti sosial (Baksos) membagikan bantuan paket sembako kepada 60 warga Dusun Weru dan Dusun Sawahan. Juga ditandai dengan pombagian bantuan bibit tanaman untuk ditanam di pekarangan dan hutan.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (Mas Aji), menyatakan, pemilihan lokasi peringatan di Desa Sambong, karena daerah tersebut terhitung masih berada di wilayah Pacitan Kota, namun masuk dalam zona rawan air bersih, terutama di Dusun Sawahan dan Weru.

Melalui kegiatan ini, Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan) ingin memberikan perhatian lebih kepada masyarakat setempat, agar mendapatkan akses air bersih. Salah satunya, dengan menjaga hutan supaya tetap lestari agar mampu menyimpan air.

”Desa Sambong ini. secara jarak tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya saja karena secara kontur tanah cukup terjal sehingga susah mendapatkan air bersih,” ungkap Mas Aji.

Sumber Air

Sekitar 250 bibit tanaman dibagikan kepada masyarakat. Jenisnya meliputi bibit tanaman kayu penyimpan air seperti pohon trembesi. Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pacitan, Suparlan, menyatakan, dengan penanaman pohon, anak cucu kita akan mewarisi kelestarian sumber air, dan lingkungan kita akan terjaga baik.

Dalam rangka peringatan Hari Air Sedunia tersebut, juga diserahkan hadiah kepada pemenang lomba Video Competition bertema air dan lingkungan. Tampil sebagai juara kategori kreatif, Galih Setyaji, juara kategori inspiratif Andi Dwi Darmawan, dan juara kategori edukatif diraih Juri. Sedangkan untuk juara favorit diberikan kepada
Rafiq, Fighan, Iqbal, Intan, Reva, dan MM Production.

Majelis Umum PBB melalui Resolusi Nomor 147/1993 menetapkan Tanggal 22 Maret 1993 sebagai perayaan pertama kali Hari Air Sedunia. Sejak itu, masyarakat internasional terutama negara-negara anggota PBB, setiap Tanggal 22 Maret memperingatinya sebagai Hari Air Sedunia dengan berbagai tema.

Tema Hari Air Sedunia Tahun 2023 adalah Accelerating Change yang membahas tentang upaya mempercepat perubahan, untuk mengatasi krisis air dan sanitasi serta bagaimana kita dapat melindungi sumber daya vital ini dengan lebih baik.

Bambang Pur