blank
Bupati Blora pukul gong, bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Blora  tanda dibukanya Gebyar Ramadhan 2023 UMKM Blora Bangkit, di kawasan Alun-alun kota Blora. Jumat, 24 Maret 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Setidaknya ada 104 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengambil bagian di Gebyar Ramadhan 2023 UMKM Blora Bangkit yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora lewat Dekranasda Blora dan Dindagkop UKM Kabupaten Blora selama satu bulan Ramadan 1444 H/ 2023 M, di kawasan Alun-alun kota Blora.

Secara resmi Gebyar Ramadhan 2023 UMKM Blora Bangkit dimulai pada  Jumat sore, 24 Maret 2023,  berlangsung selama bulan Ramadan, mereka para pelaku UMKM di wilayah Blora  akan berjualan aneka produk kuliner, kerajinan, fashion, dan lainnya. Aktivitas dimulai pada pukul 15.30 WIB hingga malam, di stan masing – masing.

Ketua Dekranasda Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah, SH., M.Pd.AUD., M.Pd.BI., mengatakan bahwa gebyar Ramadan tahun ini merupakan momentum kebangkitan ekonomi pelaku usaha kecil menengah di Kabupaten Blora.

“Kami ajak UKM untuk tampil.  Alhamdulillah tahun ini sudah memasuki tahun kedua. Ada 50 tenda yang disediakan panitia, namun yang daftar ada 104,  jadi saling berbagi tenda, bahkan ada yang pakai tenda sendiri. Ini jika tidak kita batasi,  kami yakin semakin banyak yang ingin ikut. Semoga bisa membangkitkan ekonomi sektor UKM pascapandemi,”  kata  Hj. Ainia.

Dikatakan, selama pelaksanaan Gebyar Ramadan 2023 UMKM Blora Bangkit,  juga dimeriahkan dengan panggung hiburan,  ditampilkan berbagai pertunjukan seni dari sekolah-sekolah dan talkshow layanan pemerintahan dari berbagai dinas atau OPD di Kabupaten Blora.

“Kita juga ajak Dinas Perizinan, DPMPTSP untuk membuka gerai layanan izin usaha kecil menengah selama gebyar Ramadhan berlangsung. Sehingga para pelaku UKM yang belum memiliki izin usaha,  PIRT,  hingga NIB bisa ikut mengurus langsung tanpa harus datang ke MPP. Kita juga gandeng Kemenag untuk urus sertifikasi produk halal bagi sektor UKM ini,”  imbuh Ketua Dekranasda Kabupaten Blora.

Hj. Ainia Shalichah  berharap ada perputaran uang hingga miliaran rupiah selama pelaksanaan gebyar Ramadhan tahun ini.  Pihaknya optimis bisa melampaui tahun lalu karena kali ini sudah ada dukungan anggaran dari OPD terkait untuk memfasilitasi pelaksana kegiatan ini.

Pameran Produk UKM

Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., sangat mendukung dan mengapresiasi pelaksanaan Gebyar Ramadhan 2023 UMKM Blora Bangkit kali ini. Menurut Bupati Blora, ini menjadi ajang pameran sekaligus jual beli produk produk UKM,  produk rumahan yang kualitasnya baik kepada masyarakat umum.