blank
Jadwal Ngaji Kitab Kuning oleh Pengurus MWC NU Tahunan di Kantor Kecamatan Tahunan.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Ramadhan sering disebut bulan penuh berkah. Keberkahannya bisa dirasakan baik rakyat biasa maupun para birokrat. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya relegiusitas kaum muslimin. Kegiatan berjamaah dan kajian keagamaan mewarnai musholla, masjid, dan majelis-majelis taklim.

Dalam rangka memaknai keberkahan Ramadhan dan sebagai upaya membangun sinergitas ulama dan Umara, Forkompimcam Tahunan bekerja sama dengan Majelis Wakil Cabang (MWCNU) Tahunan menggelar Kajian Ramadhan. Kegiatan yang rencananya digelar setiap selesai sholat dhuhur tersebut dilaksanakan di musholla Kecamatan Tahunan dengan agenda sholat dhuhur berjamaah yang diikuti Forkompimcam Tahunan dan dilanjutkan dengan Kajian Ramadhan.

Zakaria Anshori Hamim, selaku panitia dari MWC NU Tahunan menuturkan bahwa kegiatan Kajian Ramadhan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi PCNU Jepara tanggal 20 Februari 2023 bekerja sama dengan Forkopimda Jepara tentang kajian Kitab Kuning di musholla OPD dan musholla Kecamatan. Adapun materi yang akan disampaikan adalah fiqih puasa, Akhlak/ tasawuf, dan Moderasi Beragama.

“Kami langsung berkoordinasi dengan Camat Tahunan, Bapak Nuril Abdillah dan beliau menyambut dengan baik program kerja sama ini”, tutur Yank Ansori, panggilan akrabnya.

Kajian Ramadhan yang digelar mulai tanggal 27-30 Maret 2023 dan 3-5 April akan diikuti anggota Forkompimcam Tahunan beserta jajarannya, dari unsur Kecamatan, Polsek, Koramil, KUA Tahunan.

Bertindak sebagai narasumber adalah para Kiai yang ditunjuk oleh Pengurus MWC NU kecamatan Tahunan, yaitu KH. Aly Masykur ( Rois Syuriyah), K. M. Rosif Arwani (Katib Syuriyah), K. Siswanto ( LBM) yang akan membedah seputar Hukum Puasa dan problematikanya. K. Amiruddin ( Wakil Rois Syuriyah) akan menyampaikan materi tentang akhlak/ tasawuf, dan KH. Nur Jazin ( Wakil Ketua Tanfidziyah) akan menyampaikan materi Moderasi Beragama.

Camat Tahunan, Nuril Abdillah berharap sinergitas ulama dan Umara terus terjalin dalam berbagai bidang dalam membangun masyarakat”. Kami berharap sinergitas ulama dan Umara terus meningkat dalam membangun bangsa dan negara, utamanya dalam memberantas penyakit masyarakat.” tuturnya.

Ajakan tersebut disambut positif oleh ketua Tanfidziyah MWC NU Tahunan, KH. Misbahuddin yang turut hadir dalam acara koordinasi di kecamatan Tahunan.

ua/Sub