blank
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, dan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (Memorandum of Understanding/MoU) antara Kota Semarang dengan Kota Solo dalam rangka pengembangan pariwisata dan budaya, Selasa (21/3/2023). Foto: Hp

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kota Semarang dan Kota Solo menjalin kerja sama dalam bidang pariwisata dan budaya. Kerja sama ini dituangkan dalam kesepakatan bersama (MoU) kedua kota yang ditandatangani langsung oleh kedua wali kota.

Uniknya lagi, prosesi penandatanganan MoU kerjasama Kota Semarang dengan Kota Solo ini dilakukan bertepatan dengan gelaran tradisi kirab Dugderan di Halaman Balaikota Semarang dengan disaksikan segenap warga Kota Semarang, Selasa (21/3/2023).

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, yang dimintai tanggapan usai penandatanganan MoU mengatakan harapannya ke depan sektor pariwisata dan budaya kedua kota (Semarang – Solo) bisa saling mendukung, terlebih sekarang terhubung dari sisi transportasi dan kebudayaan.

“Harapannya kita bisa bersinergi, baik itu untuk agenda-agenda kebudayaan dan pariwisata antara Solo dan Semarang. Apalagi sekarang kan sudah ada tol yang menghubungkan jadi tambah dekat cukup satu jam saja,” kata Gibran.

Lebih jauh Gibran menjelaskan, dengan adanya kerjasama ini harapannya jadwal-jadwal even yang digelar di kedua kota Semarang – Solo tidak saling bertabrakan sehingga tidak membingungkan masyarakat yang mau datang.

Senada dengan Gibran, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, mengatakan harapannya dengan adanya kerja sama tersebut jadi bisa meningkatkan sektor pariwisata dan budaya di kedua kota, baik Semarang atau pun Solo.