blank
Forkompimcam Jatiroto, Wonogiri, dipimpin Kapolsek AKP Darmin (kiri depan), proaktif melakukan pengecekan stok sembako dan monitoring harga komoditas kebutuhan pokok.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Menjelang datangnya Bulan Ramadhan 1444 H/2023 M, jajaran Forkopimcam di Kecamatan Jatiroto dan Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, proaktif melakukan pengecekan ketersediaan dan harga sembako. Pengecekan dilakukan ke toko, warung dan pasar tradisional.

Danramil-16 Jatiroto Kapten (Inf) Handriya melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, jajaran Forkompimcam Jatiroto yang melakukan pengecekan terdiri atas Kapolsek AKP Darmin, Camat Jatiroto yang diwakili Kasi Tapem Agung Saktiawan, Danramil-16/Jatiroto yang diwakili Serka Sayanto.

Sementara itu, pengecekan stok bahan pokok dan monitoring harga sembako di Kecamatan Pracimantoro, dipimpin oleh Batuud Koramil-13/Pracimantoro Kodim 0728/Wonogiri Pelda Sucipto bersama Babinsa Serma Didik dan Serda Sumarwan.

Pengecekan sembako di pusat-pusat perniagaan ini, dilaksanakan untuk memantau perkembangan dari harga kebutuhan masyarakat serta ketersediaan barang. Komoditas yang dipantau terdiri atas beras, gula, minyak goreng, telur, daging, susu, jagung, minyak tanah, garam serta kebutuhan pokok lainnya.
blank
Pengecekan komoditas sembako menjelang Ramadan di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, dipimpin oleh Batuud Koramil-13/Pracimantoro Kodim 0728/Wonogiri Pelda Sucipto bersama Babinsa Serma Didik dan Serda Sumarwan.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

Tujuan pemantauan, untuk menghindarkan munculnya spekulan yang dikhawatirkan menimbun untuk memainkan pasar komoditas kebutuhan pokok masyarakat. Jangan sampai ada pihak-pihak yang memanfaatkan momentum menjelang Bulan Puasa, untuk mempermainkan niaga kebutuhan bahan pokok masyarakat.

Hasil pemantauan oleh pihak Forkompimcam di Kecamatan Jatiroto dan Kecamatan Pracimantoro, tidak menemukan kelangkaan stok kebutuhan bahan pokok. Sejauh ini, harga komoditas sembako juga relatif stabil, dan tidak ditemukan indikasi adanya spekulan yang melakukan manuver perniagaan demi keuntungan finansial secara sepihak.

Harapannya, kondisi ketercukupan stok bahan pokok sebagai kebutuhan primer masyarakat, dapat terjaga stabil selama Bulan Ramadan dan saat menyongsong perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H mendatang.

Bambang Pur