blank
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo cek  Tetrapod terbuat dari FABA, di Dukuh Kaliuntu Desa  Pasarbanggi, Kecamatan/Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Kamis, 14 Maret 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

REMBANG (SUARABARU.ID) –  Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggandeng PT PLN (Persero) bersama masyarakat Jateng cegah abrasi Pantai Utara (Pantura) dan banjir rob dengan merestorasi kawasan pesisir Pantai Utara Jawa (Pantura), Kamis 16 Maret 2023, lewat Kick-Off “Strategi Menuju Pantura Lestari” di Rembang, Jawa Tengah.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa kawasan pantura merupakan salah satu jalur penting dalam menopang perekonomian nasional.

Namun, tantangan iklim seperti abrasi, penurunan permukaan tanah dan juga banjir pasang air laut menjadikan semangat memerangi tantangan iklim digaungkan dan sejalan dengan program Pantura Lestari.

“Jalur Pantura yang bernilai strategis ini mampu memengaruhi perekonomian nasional. Untuk itu secara konsisten Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) hadir mengakomodsai solusi dari lintas lembaga dan akademisi untuk mengambil langkah konkret mengatasi fenomena banjir dan abrasi di jalur Pantura,” ujar Ganjar Pranowo.

Berbagai strategi dilakukan Gubernur Jateng untuk memitigasi bencana ini. Ganjar Pranowo melakukan perluasan hutan mangrove di sepanjang pesisir Pantura.

Hutan mangrove ini bahkan juga disulap menjadi destinasi ekowisata sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat.

Memanfaatkan sisa abu pembakaran batu bara PLTU milik PLN, Ganjar Pranowo juga memasang tetrapod sebagai pemecah gelombang laut yang mengikis bibir pantai.

Upaya strategis dan efektif yang dilakukan di Rembang kali ini merupakan pilot project. Kedepan, Pemprov Jateng akan melanjutkan langkah yang sama di wilayah lain disepanjang jalur pantura.