blank
PLTU Tanjung Jati B Selesai Pemeliharaan, Siap 100% Sambut Ramadhan dan Idul Fitri 2023

JEPARA (SUARABARU.ID) – Listrik merupakan salah satu faktor pendukung penting bagi kehidupan manusia pada saat ini, hampir seluruh peralatan dalam kehidupan sehari-hari menggunakan listrik sebagai sumber energinya.

Oleh karena itulah kehandalan pasokan listrik merupakan hal yang sangat penting dan mutlak diperlukan. PLN selaku pengelola sumber daya energi kelistrikan di Indonesia selalu sigap dalam menjaga kehandalan pasokan energi listrik agar senantiasa tetap terjamin dan mumpuni untuk dapat digunakan bagi seluruh pelanggan.

Begitu pula bagi PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, selaku pengelola pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Jepara.

General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, Hari Cahyono, menjelaskan bahwa untuk memastikan agar listrik dapat dibangkitkan dan dipasok dengan handal dan efisien, maka pemeliharaan periodik harus dilakukan dan komponen-komponen dilakukan peremajaan/ penggantian.

“Berbagai jenis pemeliharaan ini membantu mengurangi terjadinya pemadaman listrik yang tidak direncanakan dan sekaligus juga meningkatkan efisiensi pembangkit listrik.” Tutur Hari.

Terdapat berbagai macam pekerjaan pemeliharaan yang dilakukan untuk memastikan kehandalan pasokan listrik di pembangkit listrik tenaga uap.

Pekerjaan pemeliharaan ini berkisar dari pemeliharaan rutin mesin pembangkit dan juga komponen-komponen pendukungnya, hingga pemeliharaan dan perbaikan preventif yang lebih ekstensif.

Pekerjaan pemeliharaan yang bersifat perawatan rutin atau biasa disebut juga dengan First Line Maintenance merupakan kegiatan pemeliharaan ringan dan rutin harian, dikerjakan pada satu periode shift tertentu saat unit pembangkit sedang beroperasi.

Sebagai contoh adalah pemeriksaan dan pelumasan rutin komponen bergerak, pengencangan baut kendor, penggantian oli, serta penggantian komponen-komponen ringan yang telah aus atau rusak.

Pemeliharaan preventif atau istilah teknisnya adalah Preventive Maintenance, merupakan pekerjaan pemeliharaan rutin dan sudah direncanakan, baik itu harian, mingguan, maupun bulanan.

Pekerjaan pemeliharaan ini melibatkan penerapan langkah-langkah proaktif untuk mengurangi kemungkinan kerusakan dan meningkatkan efisiensi pembangkit listrik.

Sebagai contoh adalah pengecekan panel motor sub blower, pembersihan panel, mengukur kontak-kontak (measuring) control, dan pemasangan komponen baru.

Selanjutnya ada pekerjaan pemeliharaan prediktif atau Predictive Maintenance, yaitu pekerjaan pemeliharaan yang berdasarkan atas hasil prediksi / diagnosa/ monitoring / analisa tentang timbulnya suatu gejala maupun kondisi ketidaknormalan yang telah dapat diketahui sejak dini.

Contohnya adalah pengukuran vibrasi motor dan pengukuran vibarasi electromotor.

Berikutnya juga terdapat pekerjaan pemeliharaan yang lebih kompleks, yaitu Over Haul Maintenance. Ini merupakan suatu pekerjaan pemeliharaan yang menyeluruh atas peralatan dan sistem unit pembangkit dengan tujuan untuk mengembalikan pada kondisi yang normal seperti semula.

Pekerjaan pemeliharaan ini membutuhkan kondisi yang mengharuskan sebagian atau keseluruhan suatu unit pembangkit untuk dimatikan (shut down) terlebih dahulu hingga selesai proses pekerjaannya.

Contohnya adalah planned outage, retubing boiler, generator full inscpection, peremajaan travelling screen, full inspection trafo, dan pemeliharaan pullferizer motor.

Sebagai pungkas rangkaian pekerjaan pemeliharaan pada PLTU Tanjung Jati B, dilaksanakan pekerjaan korektif, atau Corrective Maintenance.

Yaitu pekerjaan pemeliharaan yang bersifat kondisional ketika terjadi gangguan untuk mencegah gangguan yang lebih berat lagi. Contohnya adalah pemeliharaan trash rack travelling screen / filter intake pada unit 1 dan 2 PLTU Tanjung Jati B.

“Keseluruhan pekerjaan pemeliharaan rutin ini merupakan kunci pokok untuk menjaga PLTU Tanjung Jati B agar selalu dapat beroperasi dengan baik sehingga dapat memberikan pasokan energi listrik yang handal dan terjamin. Pada 3 Maret 2023 kemarin PLTU Tanjung Jati B juga baru saja tuntas mengerjakan planned outage unit 3, semua ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kehandalan pasokan listrik PLTU Tanjung Jati B untuk Jawa, Madura dan Bali, sekaligus persiapan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2023 yang akan tiba dalam beberapa hari kedepan.” tutup Hari.

Hadepe