blank

SUARABARU.ID Unissula kembali meraih prestasi menggembirakan dalam perangkingan perguruan tinggi. Berdasarkan rilis dari Scimago Institutions Rankings yang dipublikasikan bulan Maret 2023 ini Unissula meraih peringkat pertama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Tengah dalam kategori kinerja inovasi (innovations rank). Prestasi lainnya yaitu meraih peringkat pertama PTS di Semarang kategori overall ranking.

Scimago Institutions Rankings merupakan lembaga perangkingan perguruan tinggi kelas dunia yang bermarkas di Spanyol. Scimago Institutions Ranking merupakan pengklasifikasi lembaga akademik yang terkait penelitian dengan menggabungkan tiga indikator. Indikator tersebut yaitu kinerja penelitian, bobotnya (50%), kinerja inovasi (30%), dan dampak sosial (20%), yang diukur dengan visibilitas website.

Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH menyatakan prestasi tersebut sebagai sebuah hal yang harus disyukuri. “Prestasi ini sangat berarti dan membuat kita lebih bersyukur kepada Allah SWT. Hal yang membahagiakan tentunya ketika lembaga perankingan kelas dunia seperti Scimago mengakui dan mengapresiasi kinerja para akademisi Unissula yang telah banyak menghasilkan penelitian bereputasi dan juga memiliki dampak sosial”, ungkap Prof Gunarto di kampus Unissula (14/3/2023).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa riset menjadi salah satu fokus penting di Unissula. “Kami mendorong dan memfasilitasi para dosen Unissula untuk terus berkarya dan menghasilkan berbagai penelitian yang bisa memberikan dampak dan manfaat di masyarakat. Secara institusi Unissula juga telah menjalin kerjasama internasional dengan berbagai universitas di dunia. Yang salah satunya bisa memfasilitasi kolaborasi riset para dosen”, ungkapnya.

Sementara itu Wakil Rektor I Unissula Dr Andre Sugiyono menjelaskan bahwa hal penting dalam pemeringkatan oleh Scimago Institutions Rankings adalah seberapa banyak paper yang mampu dipublikasikan oleh suatu perguruan tinggi. Unissula unggul di parameter kinerja penelitian dan kinerja inovasi.

“Scimago Institutions Rankings tidak merangking semua perguruan tinggi. Untuk bisa dirangking perguruan tinggi perlu memenuhi jumlah publikasi pada Scopus. Perangkingan Scimago Institutions Rankings dilakukan setahun sekali biasanya di publikasikan di bulan Maret”, pungkasnya.