blank
Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kota Magelang, Didin Saepudin. (Dok)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Guna meningkatkan pelayanan publik di semua OPD maupunBUMD, Bappeda Kota Magelang kembali mengadakan lomba kreasi dan inovasi (Krenova) antarintansi tersebut tahun 2023.

Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kota Magelang, Didin Saepudin menerangkan, supaya bisa mengikuti tahap berikutnya maka, setiap proposal yang diajukan harus memenuhi 20 indikator penilaian.

Mengingat hasil penelitian itu nantinya harus mampu meningkatkan kualitas SDM. Sedang karya terbaik akan diaplikasikan supaya bisa berkembang maksimal.

Selain itu, diharapkan hasilnya bisa mengatasi
permasalahan yang dihadapi aparatur sipil negara (ASN) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

‘’Inovasi itu juga akan mempermudah akses atau sistem pelayanan dari OPD kepada masyarakat, sehingga pelayanan publik lebih mudah dan cepat,’’ terangnya, kemarin.

Mengenai pesertanya, Didin mengatakan, terbuka untuk OPD baik di dalam maupun luar kota, yang penting fokusnya harus Kota Magelang.

Sosialisasi lomba krenova dimulai pada akhir Maret 2023. Sedang lomba dilaksanakan April dan tahap penjurian pada September 2023.

Inovasi terbaik mendapat hadiah sertifikat, dan uang pembinaan total sebesar 28,5juta.

Pemkot Magelang menyelenggarakan krenova sejak tahun 2008, dan sudah menghasilkan ratusan karya. Di antara hasil krenova itu mendapat penghargaan tingkat Jateng maupun nasional.

Yang pasti, lanjut Didin, melalui krenova diharapkan terus muncul semangat berinovasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Doddy Ardjono