blank
Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum (Kiri) sedang menyampaikan laporan pada Sidang Terbuka Senat Akademik digelar dalam rangka Dies Natalis ke-47 Universitas Sebelas Maret  Surakarta Tahun 2023, Sabtu (11/3). Foto: HumasUNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kini memiliki Fakultas Peternakan. Pendirian secara resmi Fakultas Peternakan disampaikan Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum dalam peringatan Dies Natalis ke 47 Universitas Sebelas Maret Surakarta .

“Fakultas Peternakan , saya resmikan pendirianya pada hari ini, bersamaan dengan Dies Natalis Ke-47 UNS”, kata Rektor  UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum dalam laporannya pada Sidang Terbuka Senat Akademik digelar dalam rangka Dies Natalis ke-47 Universitas Sebelas Maret  Surakarta Tahun 2023, Sabtu (11/3/2023).

Pada Sidang Terbuka yang dibuka Ketua Senat Akademik UNS, Prof. Dr. Adi Sulistiyono, S.H., M.H dan berlangsung di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS serta dihadiri di antaranya Rektor Xihua University, dan undangan, Rektor  Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum diantaranya melaporkan, tantangan paling berat dalam pengembangan UNS adalah peningkatan kualitas SDM.

Investasi terhadap dosen dan tenaga pendidikan (tendik) adalah strategi paling tepat untuk memastikan keunggulan UNS di masa depan. Harus diakui kita belum sepenuhnya berhasil dalam pengembangan UNS.

Paling tidak dari target jumlah Doktor sebesar 50 persen  di tahun 2023 masih belum berhasil tercapai. Pada hari ini jumlah Doktor kita sebanyak 47,63persen atau 896 doktor dari 1.881 dosen. Tantangan peningkatan SDM juga pada jumlah Profesor (Guru Besar). Pada tahun 2023, jumlah Profesor UNS 9,2 persen atau 173 guru besar.

Target yang direncanakan adalah 10 persen. Kekurangannya telah diupayakan melalui berbagai cara. Namun, pengurangan jumlah profesor juga sulit dihentikan, baik karena  pensiun dan juga berpulang sehubungan usia

Tantangan lain yang  diselesaikan adalah pengelolaan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).  Program MBKM di kampus sangat variatif dan multitafsir dalam pelaksanaannya.