blank
Camat Kembang didampingi Kapolsek Kembang saat menerima BPD dan warga Dudakawu

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sebelum dilakukan seleksi pengangkatan Carik Desa Dudakawu, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Dudakawu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara berharap pengangkatan Carik didasarkan pada hasil seleksi dan mempertimbangkan rekam jejak dan pengabdian calon.

Keinginan tersebut dituangkan dalam Berita Acara Rapat Koordinasi Lembaga BPD No. 002/ BA/ BPD/II/2023 yang ditandatangani semua pengurus BBD yang terdiri dari Sarmadi, Faris Hermawan, Darwoto dan Siti Khotimah. Penandatanganan dilakukan usai melakukan pertemuan pada hari Minggu tanggal 19 Februari 2023 yang dihadiri oleh semua anggota BPD Desa Dudakawu.

blank
BPD dan sejumlah tokoh desa Didakawu menyampaikan aspirasinya kepada Camat Kembang

Berita acara tersebut telah diserahkan kepada Petinggi Desa Dudakawu dan Camat Kembang pada tanggal 20 Februari 2023.

Dalam berita acara tersebut BPD mengharap pelaksanaan pengisian, penjaringan dan penyaringan jabatan Carik agar dilaksanakan ujian sesuai dengan ketentuan yaitu melakukan ujian / tes tertulis, praktek dan wawancara.

BPD Dudakawu juga berharap, agar hasil nilai calon peserta seleksi yang terbaik dati panitia seleksi digunakan petinggi untuk diusulkan rekomendasi kepada camat sebagai rekomendasi terpilih. Usulan BPD tersebut didasarkan pemahaman pentingnya kompetensi yang perlu dimiliki oleh seorang carik demi kemajuan desa.

Hasil seleksi

Menurut Ketua BPD Sarmadi seleksi pengisian jabatan carik telah dilakukan pada tanggal 2 Maret 2023 dan diikuti oleh tiga orangpeserta yaitu Benny Adam Yudha Ardiyansyah, Andi Cahyono dan Hery Kuncoro. Berdasarkan rekapitulasi nilai hasil ujian tertulis dan praktek Andi Cahyono mendapatkan nilai 174 yang terdiri dari tes tertulis 96 dan praktek 78.

Sedangkan Benny Adam Yudha Ardiyansyah mendapatkan total nilai 147 yang terdiri dari tes tertulis 70 dan praktek 77. Sementara Hery Kuncoro mendapatkan total nilai 145 yang terdiri tes tertulis 68 dan praktek 77.

Terkait dengan hasil seleksi ini, BPD Desa Dudakawu dan sejumlah tokoh masyarakat juga sudah menemui Camat Kembang Anwar Sadat pada tanggal 8 Maret 2023 dan menyampaikan aspirasinya. “Kami berharap hasil seleksi menjadi pertimbangan dalam memberikan rekomendasi. Juga rekam jejak pengabdian calon di desa,” ujar Ketua BPD Desa Dudakawu Sarmadi. Sejumlah warga juga turut menyampaikan aspirasinya. Mereka ingin pengangkatan carik tidak dilakukan dengan sewenang-wenang.

Sementara Camat Kembang, Anwar Sadat yang dihubungi oleh SUARABARU.ID membenarkan bahwa fihaknya sudah menerima delegasi BPD Desa Dudakawu bersama dengan Kapolsek Kembang AKP Slamet Raharjo.”Kami sudah sampaikan segala sesuatunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Anwar Sadat.

Hadepe