blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Siswa SDN 4 Kedungcino, Kecamatan Jepara, mendapat pemeriksaan pendengaran gratis pada Selasa (7/3/2023). Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter THT-KL Indonesia (Perhati-KL) Kabupaten Jepara dalam rangka Hari Pendengaran Sedunia.
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Jepara Dokter Eko Cahyo Puspeno mengatakan, pemeriksaan itu dilakukan sebagai deteksi dini gangguan indra pendengaran.
“Ini sekaligus sebagai upaya edukasi di masyarakat terkait gangguan indra dan cara pencegahannya,” katanya.
Panitia pelaksana Sarimah mengatakan, peringatan Hari Pendengaran Sedunia tingkat Kabupaten Jepara tahun ini diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap kesehatan telinga, terutama pada anak sekolah. Pemeriksaan ini juga sebagai upaya untuk membantu siswa berprestasi.
blank
“Prestasi sekolah bisa diraih salah satunya dengan tidak adanya gangguan indra pada siswa,” katanya.
Pemeriksaan dilakukan oleh petugas tim indra dari berbagai Puskesmas di Kabupaten Jepara di bawah pengawasan tiga dokter spesialis THT-KL. Ketiganya adalah dr. Hapsari, Sp.THT-KL, dr. Dian Indah Setyorini, Sp.THT-KL, dan dr. Enny Puji, SpTHT-KL.
Menurut dr. Dian Indah Setyorini, Sp.THT-KL, pemeriksaan ini merupakan salah satu usaha untuk mendeteksi keadaan telinga dari kemungkinan gangguan pendengaran, sehingga anak tidak dapat menangkap apa yang diterangkan guru.
Kepala SDN 4 Kedungcino Eko Sri Hastuti mengatakan, dari total 103 siswa kelas 1 sampai kelas 6, hanya ada 2 siswa tidak ikut pemeriksaan karena tidak masuk. “Terima kasih. Semoga dengan deteksi gangguan pendengaran pada siswa, dapat menunjang kelancaran proses belajar mengajar. Selain itu, anak-anak lebih paham dan peduli betapa pentingnya menjaga kesehatan telinga agar terhindar dari gangguan pendengaran,” katanya.
Aksl