blank
Kera ekor panjang di Gua Kreo, konon ada kaitan dengan sejarah perjalanan Sunan Kalijaga mencari kayu jati untuk tiang Masjid Demak. Foto: wied

‘’Harapannya, lewat publikasi ‘Semarang Rumah Kita’, kita mendorong siapapun yang datang ke sini serasa di rumah sendiri dan wisatawan pun selalu ingin mengunjungi,’’ kata Zainal Petir di kantor PWI Jateng, Semarang, Rabu (1/3).

Ditambahkan dia, Pemkot Semarang menyiapkan satu bus listrik dan tiga mikrobus untuk membawa peserta ke lokasi, dan berkeliling di Desa wisata Kandri. “Bus listrik untuk mendukung layanan pariwisata ini sebagai bentuk komitmen Pemkot Semarang beralih ke energi ramah lingkungan,” kata Zaenal Petir.

Sampai di Kandri, destinasi wisata pertama yang disambangi adalah Goa Kreo, kawasan hutan penuh pepohonan dan dihuni ratusan monyet, serta lanskap alam yang dilengkapi Waduk Jatibarang. Malam harinya, peserta diajak ke Kampung Jawi untuk mengikuti jamuan makan malam yang disediakan Pemkot Semarang, dan menyaksikan pentas kesenian.

Jumat pagi, peserta akan mengeksplor Rumah Pintar Petani dan mendapatkan pembekalan pariwisata dari Disbudpar Kota Semarang, serta singgah di Waduk Jatibarang, dan sekitarnya.

Penghargaan

Puncak HPN 2023 tingkat Jateng, kata Zainal, akan dilaksanakan Malam Resepsi HPN yang dihadiri ratusan undangan, di antaranya Gubernur Ganjar Pranowo bersama forkopimda,Ketua PWI Pusat,  rektor, para  mitra kerja, para mantan ketua PWI, sesepuh, dan anggota PWI Jateng.

Selain dihibur dengan Band Senopati Pemkot Semarang, dalam acara ini akan diserahkan penghargaan kepada delapan PWI kabupaten/kota di Jateng yang memiliki kinerja yang baik dalam pengelolaan organisasi PWI.

Diungkapkan Zainal, sejumlah kegiatan sebelumnya sudah dilaksanakan PWI dalam rangkaian HPN yang tahun ini  dengan mengusung tagline ‘Goes to Campus’. Setelah diawali dari Kampus Udinus melalui Dialog Lima Rektor bertajuk ‘’Media Edukatif Menunju Tahun Politik 2024’’.

Kemudian Khataman Alquran di Masjid Abu Bakar Assegaf Unissula yang diikuti anggota Majelis Tadarus Alquran Ashabul Kahfi PWI dan 600 santri mahasiwa, Dialog Kebangsaan di USM dengan keynote speaker Menkoplhukam Mahfud MD, Dandim 0733/Semarang, tokoh PBNU dan Muhammadiyah, serta Kuliah Umum Sertifikasi Halal UMKM di Unwahas.

wied