blank
Ilustrasi kacang almond yang kaya akan manfaat. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kacang almond merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Ada banyak manfaat kacang almond yang bisa didapat, termasuk untuk menurunkan berat badan dan mencegah penyakit.

Almond sendiri sebenarnya bukanlah asli kacang, melainkan buah biji yang dihasilkan dari pohon almond (Prunus Dulcis). Tanaman ini berasal dari daerah Timur Tengah, yang kemudian menyebar luas ke berbagai negara.

Dilansir dari Suara.com memiliki cita rasa yang yang gurih, renyah, serta lezat menjadi salah satu alasan mengapa kacang almond sering dikonsumsi sebagai cemilan harian. Bahkan ada juga yang menambahkan potongan kacang almond pada beberapa jenis kue untuk menambah rasa serta daya tarik seseorang untuk mencicipinya.

Baca Juga:Dapat Mencegah Osteoporosis, Yuk Simak 5 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

Di balik rasa yang lezat tersebut, ternyata kacang almond juga menyimpan beragam manfaat bagi tubuh. Mengutip dari laman OnHealth.com, inilah 7 manfaat mengonsumsi kacang almond.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Almond mengandung jenis lemak tak jenuh tunggal (MUFA) yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada almond mencapai 9 gr per 100 gr kacang almond.

2. Membantu Mencukupi Kebutuhan Kalsium Harian

Kandungan kalsium pada kacang almond juga terbilang cukup tinggi, dimana per 100 gr kacang almond mengandung sekitar 75 mg kalsium. Kalsium berfungsi dalam pembentukan serta pemeliharaan tulang dan gigi.

3. Pengganti Susu

Bagi penderita intoleransi laktosa atau alergi susu sapi, almond bisa menjadi pilihan utama pengganti susu, karena kandungan gizi yang terdapat pada susu almond tak kalah dari kandungan gizi pada susu sapi. Susu almond kaya akan protein, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, vitamin E, seng, selenium hingga serat yang baik untuk tubuh.

Baca Juga:5 Manfaat Jarang Memakai Make Up, Apa Kamu Salah Satunya?

4. Melancarkan Pencernaan

Karena kandungan serat hariannya yang tinggi, maka tentu saja almond dapat berfungsi dalam melancarkan pencernaan serta mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti sembelit atau konstipasi.

5. Mengontrol Berat Badan

Selain untuk melancarkan pencernaan, ternyata kandungan serat harian yang tinggi pada almond dan dikombinasikan dengan protein yang juga tinggi menjadikan kacang almond bermanfaat untuk mengontrol berat badan dengan mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Siapa sangka bahwa kacang almond juga berperan dalam kualitas tidur. Almond akan meningkatkan kadar hormon serotonin tubuh saat siang hari, dengan begitu tidur malam anda akan terasa lebih nyenyak karena jumlah melatonin saat malam hari menjadi stabil.

7. Meningkatkan Kualitas Seksual

Kandungan mineral berupa zinc, selenium , vitamin E, serta kalsium pada kacang almond berperan penting dalam produksi hormon testosteron pada laki-laki. Ketika level hormon testosteron telah meningkat maka kualitas seksual juga akan ikut meningkat.

Itulah tadi 7 manfaat kacang almond bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.