blank
Wapres Ma'ruf Amin dan Ganjar memanjatkan doa, usai melakukan Shalat Subuh berjamaah di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo. Foto: hms

SOLO (SUARABARU.ID)– Setelah diresmikan untuk umum oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, ratusan warga berbondong-bondong melaksanakan Shalat Subuh berjamaah di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Rabu (1/3/2023).

Di antara jamaah itu, ada Wapres Ma’ruf Amin dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Keduanya menjadi bagian jamaah yang smelakukan shalat berjamaah perdana di masjid itu.

Rombongan Wapres dan Ganjar Pranowo tiba di Masjid Raya Sheikh Zayed sekitar pukul 04.30 WIB, tepat saat muadzin selesai mengumandangkan adzan. Keduanya langsung mengambil saf paling depan. Jamaah lain sebagian sudah berada di dalam, dan sisanya masih mengalir masuk ke dalam masjid.

BACA JUGA: “Wonosobo Festival UMKM Exspo” Digelar Guna Dukung Promosi Ekonomi Kreatif Daerah

Usai shalat sunnah, tidak lama kemudian dilakukan Shalat Subuh berjamaah perdana, bersama masyarakat umum. Shalat berjamaah itu berlangsung khusyuk. Wapres Ma’ruf Amin juga sempat memimpin doa bersama usai shalat.

Direktur Operasional Masjid Sheikh Zayed, Munajat, mengatakan, Shalat Subuh berjamaah bersama masyarakat umum ini, merupakan yang pertama kali dilakukan sejak diresmikan Presiden RI, Joko Widodo, pada November 2022 lalu.

”Memang butuh waktu lama untuk menata areal masjid sebelum dibuka untuk umum,” kata dia.

BACA JUGA: Kejaksaan Negero Grobogan Tanda Tangani Pakta Integritas untuk Raih Preditas Wilayah Bebas dari Korupsi

Pembukaan masjid untuk masyarakat umum dilakukan Wapres Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Ganjar Pranowo, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menko PMK Muhajir Effendy pada Selasa (28/2/2023) malam. Pembukaan itu juga diwarnai dengan acara peringatan Isra Mikraj tingkat kenegaraan tahun 2023 di Masjid Raya Sheikh Zayed.

Masjid ini merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque, yang berada di Abu Dhabi, UEA, sehingga desainnya dirancang khas Timur Tengah. Masjid seluas 8.000 meter ini memiliki beragam fasilitas. Antara lain, perpustakaan seluas 20 meter persegi, ruang VIP, ruang pengelola, taman, hingga basement untuk tempat wudhu laki-laki dan perempuan.

Riyan