blank
Wonosobo Festival UMKM Exspo digelar di Alun-Alun setempat. Foto : SB/dok Diskominfo

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Guna mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia saja serta memvisualisasikan berbagai produk dan layanan unggulan, Pemkab Wonosobo menggelar “Wonosobo Festival UKM Expo 2023″ pada Rabu-Minggu (1-5/3/2023) di Alun-Alun setempat.

“Wonosobo Festival UKM Expo 2023” merupakan event pameran berskala nasional sebagai bentuk promosi potensi daerah terutama UMKM dan ekonomi kreatif yang didukung oleh Kementerian Koperasi UKM RI.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperkop UKM) Wonosobo, Bagyo Sarastono, Rabu (1/3), menjelaskan expo ini berskala nasional dan diharapkan menjadi zona terpadu promosi potensi daerah dan wahana membangun branding Wonosobo dalam pemberdayaan UMKM berbasis kerakyatan dan kearifan lokal.

“Wonosobo Festival UKM Expo ini selain menjadi area promosi potensi daerah juga sebagai bagian mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia saja,” ujarnya.

Event ini, lanjut dia, juga dapat memperkuat hubungan kerjasama antara daerah kabupaten/kota, sektor swasta, komunitas seni, pelaku ekonomi kreatif, wirausahawan dan masyarakat serta meningkatkan kunjungan wisata dan peluang jejaring bisnis baru bagi UMKM dan ekonomi kreatif.

Kanwil Kemenkum HAM

blank
Kepala Disperkop UKM Wonosobo, Bagyo Sarastono. Foto : SB/Muharno Zarka

Bagyo menyatakan bahwa rencananya acara pembukaan akan dihadiri langsung oleh Menteri Koperasi UKM RI berserta jajaran pejabat di lingkungan Kementerian Koperasi UKM.

Gubernur Jawa Tengah, Jajaran Forkompimda Wonosobo, Bupati/Wali kota se-Jawa Tengah, Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Koperasi UKM se-Jawa Tengah, Pimpinan OPD P di Wonosobo, BUMN dan BUMD juga turut diundang dalam acara tersebut.

“Selain expo terdapat beberapa rangkaian acara, di antaranya adalah rembug bareng pelaku UKM & gerakan koperasi bersama Menkop UKM RI, workshop bagi pelaku UKM, fasilitas pengembangan jaringan pemasaran produk dan pagelaran seni budaya.

Jumlah stand tersedia sebanyak 154 stand yang diisi peserta pameran dari dalam dan luar wilayah Wonosobo. Termasuk Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kemenkum HAM) Jawa Tengah juga ikut andil dalam ekspo tersebut.

“Acaranya akan berlangsung meriah, rangkaian acaranya cukup banyak. Mari kita sambut dengan baik dan semoga event ini dapat mengakselerasi terwujudnya Wonosobo Makmur,” pungkasnya.

Muharno Zarka