blank
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (ketujuh dari kanan), foto bersama dengan para peserta grand final lomba MC berbahasa jawa.(Dok. Prokopim Pemkab Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Velanisa Lutfiana dari Kecamatan Ngadirojo, berhasil meraih gelar juara pertama dalam grand final  lomba Adon Kawasisan Pranata Adicara Temanten Jawa (Lomba Master of Ceremony atau MC Upacara Pengantin Jawa Berbahasa Jawa)Tahun 2023 Kabupaten Pacitan.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, “Adon Kawasisan Pranata Adicara Temanten Jawa tingkat kabupaten ini, digelar oleh Karang Taruna dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pacitan. Event ini digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi Ke-278 Kabupaten Pacitan Tahun 2023.

Untuk Juara 2 dimenangi oleh Nur Azizah dari Kecamatan Sudimoro, Juara 3 diraih oleh Anisa Wulandari dari Kecamatan Pringkuku. Peraih Juara Harapan 1 Aulia Nindy Nesila Afiv (Kecamatan Donorojo), Juara Harapan 2 Dewi Ayu Prastiwi (Kecamatan Pacitan), Juara Favorit Fardia Ayu Lestari (Kecamatan Tegalombo).

Malam Grand final Adon Kawasisan Pranata Adicara Temanten Jawa digelar di gedung Karya Darma, Kabupaten Pacitan. Diiikuti 10 finalis hasil seleksi dari 12 kecamatan se Kabupaten Pacitan. Acara ini, dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pacitan, Heru Wiwoho, dan juga disaksikan secara langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji.

Lomba yang dikemas dalam tajuk Luhuring budaya ngangkat drajating bangsa (Luhurnya budaya mengangkat derajatnya bangsa). Bupati menyampaikan ucapan selamat buat semua pemenang dan tetap semangat buat semua peserta untuk terus melestarikan budaya Jawa.

Kebanyakan orang menyebut pembawa acara dengan istilah Master of Ceremony (MC) atau protokol. Istilah MC, protokol, dan pembawa acara, sering dianggap sama karena memiliki kesamaan makna, yaitu pembawa acara yang memandu berjalannya acara.

Bambang Pur