blank
Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng). Foto: hms

SALATIGA (SUARABARU.ID)– Menjelang akhir masa jabatan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terus mengembangkan aplikasi aduan masyarakat LaporGub. Terdapat perbaikan dan penambahan fitur pada aplikasi LaporGub V.2.0, yakni privasi aduan.

Ditemui usai menghadiri acara di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Ganjar mengatakan, LaporGub V.2.0 terus diperbaiki, agar masyarakat lebih mudah menjangkau.

”Jangkauannya lebih gampang. Dan di belakang itu sebenarnya ada data yang terkumpul, dianalisis dengan artificial intelligence,” kata Ganjar, Jumat (24/2/2023).

BACA JUGA: Damkar Surakarta Evakuasi Sarang Tawon Berdiameter 60 Sentimeter

Hasil dari pengembangan terbaru di LaporGub V.2.0, masyarakat yang melapor bisa mengatur pilihan privasi aduan. Sehingga, identitas pelapor terjamin dan masyarakat bisa lebih nyaman melaporkan masalah yang dialami.

Di sisi lain, lanjut Ganjar, laporan dari masyarakat akan terdata. Setelah terdata, proses tindak lanjut dari aduan itu juga bisa dipantau.

”Sekarang kalau ada masyarakat melapor, satu terdata, dua kita bisa melakukan tracing, kapan itu dilakukan dan dikerjakan. Sekaligus itu bisa dipakai untuk menilai PIC-nya siapa,” ujarnya.

BACA JUGA: Warga 13 Desa di Kabupaten Magelang Telah Terima Pembayaran UGK

Mantan anggota DPR RI itu menjelaskan, LaporGub diluncurkan dengan harapan memudahkan masyarakat. Melalui LaporGub pula, Pemprov Jateng bisa mengevaluasi kinerjanya.

”Jadi ini memang sudah perbaikan beberapa kali. Mudah-mudahan masyarakat akan bisa makin menerima,” ungkapnya.

Ganjar berharap, LaporGub dapat menjadi legacy yang bisa terus dimanfaatkan masyarakat Jateng. Di sisi lain, pemerintah juga dapat menggunakannya untuk dasar pengambilan keputusan.

BACA JUGA: FK UNS Luluskan 50 Wisudawan Dokter Spesialis

”Ini kami jadikan legacy, bahwa komplain publik itu bisa dikanalisasi melalui sistem yang bagus. Dan jangan salah, pemerintah akan bisa mendapatkan data yang bagus, dan itu bisa dipakai untuk basis pengambilan keputusan dan kebijakan yang jauh lebih baik,” tandasnya.

Sebagai informasi, LaporGub merupakan gebrakan Ganjar, sejak periode pertamanya menjabat sebagai Gubernur pada 2013. Saat itu, LaporGub masih berbasis website.

Dalam perjalanannya, Ganjar terus mengembangkan hingga bisa diakses multi platform. Kini, LaporGub telah bisa diakses sebagai aplikasi melalui smartphone.

Riyan