blank
Ilustrasi kucing. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kucing atau bahasa lainnya Felis silvestris catus merupakan hewan yang paling sering dijadikan hewan peliharaan oleh orang-orang. Hewan satu ini juga disebut-sebut bisa membuat pemiliknya merasa jadi lebih bahagia karena tingkah lucu dan menggemaskan yang mereka lakukan.

Namun perlu Anda tahu bahwa, kucing yang dipelihara di sekitar area perkampungan biasanya kurang mendapat perhatian dari pemiliknya sehingga rentan mengalami keracunan.

Racun yang menjangkit mereka bisa diakibatkan dari banyak hal contohnya mengonsumsi makanan atau tumbuhan yang mereka temukan di jalanan secara tidak sengaja.

Baca Juga: Kapan Kucing Peliharaan Harus Dimandikan? Simak!

Hal ini tentu membuat Anda sebagai pemilik kucing merasa sedih dan kasihan dengan mereka. Mau tidak mau, hewan tersebut harus segera mendapatkan perawatan dari dokter hewan agar bisa sehat seperti sedia kala.

Dilansir dari Suara.com namun sebelum membawa mereka ke dokter, ada baiknya Anda melakukan 4 langkah berikut ini sebagai penanganan pertama ketika mendapati kucing yang sedang keracunan.

1. Bawa kucing ke tempat yang aman

Saat melihat kucing Anda mengalami keracunan, pastikan untuk tidak panik dan segera bawa mereka ke tempat yang lebih aman. Bersihkan sisa-sisa makanan atau kotoran yang ada di sekitar area mulut kucing.

Jangan lupa bersihkan juga bulu-bulu kucing sebelum membawa mereka ke unit perawatan khusus hewan untuk mendapat pengobatan.

Baca Juga: 4 Bahaya Bulu Kucing yang Mesti Diwaspadai, Apa Saja?

2. Kenali racun yang menjangkit kucing

Tanpa disadari, ada banyak tumbuhan di sekeliling Anda yang ternyata mengandung racun bagi kucing. Beberapa bagian tanaman yang mengandung racun antara lain serbuk bunga, biji, bunga, hingga daun.

3. Bawa sampel racun ke unit perawatan

Jika Anda menemukan sisa-sisa potongan tanaman di tubuh kucing yang sedang keracunan, simpanlah sampel tersebut untuk dikonsultasikan kepada dokter. Sampel tersebut biasanya akan diidentifikasi oleh mereka untuk mengetahui jenis racun dan obat yang sesuai untuk menangani racun tersebut.

4. Lakukan tindakan proteksi terhadap kucing Anda

Setelah mengalami peristiwa tersebut, kini Anda harus lebih ekstra waspada jika kucing peliharaan pergi keluyuran ke tempat-tempat outdoor. Akan lebih baik bagi Anda untuk menemani mereka ketika sedang berjalan-jalan di luar rumah.

Tujuannya, agar Anda bisa lebih memperhatikan lingkungan sekeliling mereka dan mencegah hal yang tidak diinginkan kembali terulang di masa depan.

Claudia