blank
Kapolresta Magelang memberikan penghargaan kepada Bhabinkamtibmas berprestasi, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono memimpin apel Bhabinkamtibmas di Gedung Bhayangkara Utama (GBU), Rabu (15/2/2023). Diikuti pula Kasat Binmas Kompol Haris Gunardi, Wakasat Binmas Iptu Zubaedah, Kasipropam Iptu Risyanto.

Kapolresta Magelang mengatakan, jabatan apa pun jika tidak disukainya, sehari akan terasa lama. Magelang memiliki 358 desa, anggota Bhabinkamtibmas ada 161 orang. Hingga ada yang merangkap tugas.

“Bersyukur diberi kepercayaan menjadi Bhabinkamtibmas. Semoga bisa betul- betul mencintai dan melaksanakan tugas dengan baik,” pintanya.

Dikisahkan, ketika dia bertatap muka dengan kepala desa, ada kepala desa yang minta agar Bhabinkamtibmas di desanya jangan dipindah. “Rata-rata kades mengatakan begitu. Berarti keberadaan rekan- rekan sangat dibutuhkan,” katanya.

Diingatkan, tugas Bhabinkamtibmas melaksanakan pengawalan dan pendampingan. Jangan sampai ada hal negatif terjadi. “Laksanakan tugas dengan ikhlas. Jadilah konsultan yang solutif, bagaimana menjadi mediator yang baik. Itu adalah yang pokok,” tandasnya.

Kombes Pol Ruruh juga menyampaikan, ada juga tugas door to door. Bertujuan untuk mengetahui berapa jumlah rumah yang ada di situ. Dahulu namanya program Polsek sebagai basis deteksi dini.

“Jangan pasrah begitu saja dengan Intel. Rekan-rekan harus bisa menyelesaikan masalah yang ada di sana. Bagaimana menjadi Bhabinkamtibmas yang sangat dibutuhkan masyarakat di situ,” katanya.

Diharapkan pula, bagi Bhabinkmatibmas yang belum mengenal wilayahnya secara utuh, segera mendata. Antara lain jumlah penduduk.

“Kemampuan untuk menyelesaikan masalah saya rasa rekan-rekan sudah tahu. Jangan semua masalah kecil dibawa ke kantor Polisi. Laksanakan tugas mediasi dengan baik, memberikan saran hukum dengan baik, karena rekan-rekan dianggap tahu segala hal,” imbuhnya.

Dipaparkan juga, ada istilah 4D 1C. Yakni datang, duduk, dengar, dialog, dan catat. “Itulah tugas Bhabinkamtibmas,” katanya.

Dalam acara yang sama disampaikan, tahun depan akan memiliki pekerjaan yang berat. Ada Pemilu, Pilpres, Pilkada serentak di 38 Provinsi (Papua ada pemekaran empat provinsi), dan di 514 kabupaten/kota.

Pada 14 Februari 2024 pelaksanaan pemungutan suara. Pilkada pada 27 November 2024. “Siapkan diri dan fisik karena kita membutuhkan banyak tenaga,” pungkas Ruruh.

Eko Priyono