Penyerahan hasil Pelatihan pembuatan enzim bersama dengan Kelompok Tani Hutan, LMDH, IIK di Wana wisata Kartini Mantingan. Rabu, 15 Februari 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Perhutani Mantingan bersama Gereja Kristen Indonesia (GKI) Kabupaten Blora Gelar pelatihan pembuatan enzim bersama dengan Kelompok Tani Hutan, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Ikatan Istri Karyawan Perhutani (IIK) kegiatan dilakukan di Wana wisata Kartini Mantingan, Rabu, 15 Februari 2023.

Waka Administratur KPH Mantingan Dwi Anggoro Kasih didampingi KSS Kemitraan Produktif Ismartoyo hadir dalam kegiatan pelatihan mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan pelatihan pembuatan enzim ini dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam untuk LMDH, IIK maupun kelompok wanita tani.

“Pelatihan pembuatan enzim ini dapat menambah pengalaman dan wawasan,” ujar Dwi Anggoro Kasih.

Pelatihan pembuatan enzim ini, lanjut Dwi Anggoro Kasih, adalah hal yang baru, nantinya bisa dikembangkan oleh kelompok Tani, maupun IIK untuk pertanian maupun bahan penjernih yang ramah lingkungan.

“Kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada ibu – ibu untuk memanfaatkan bahan-bahan eco enzim yang sangat mudah didapat di lingkungan sekitar kita,” harap Dwi Anggoro Kasih.

Ketua Komisi Kesaksian dan pelayanan (Kespel)GKI Blora Daniel Dumadi didampingi Uniati Lopulalan menjelaskan bahwa untuk Eco Enzim (EE) ini adalah cairan alami serba guna yang merupakan hasil fermentasi dari gula merah, kulitnya buah potongan sayuran.

“Sisa buah gigitan kelelawar maupun buah lain yang mudah untuk dikelupas dan lunak kulitnya,” jelas Daniel Dumadi.