blank
Program RTLH juga merenovasi rumah milik pedagang cilok di Dusun Kebonombo, Kabupaten Semarang. Foto: hms

TERSEDIANYA rumah yang layak, sehat, dan nyaman bagi masyarakat, menjadi prioritas pembangunan di Jawa Tengah. Selama kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo, warga Jateng berpenghasilan rendah punya kesempatan memugar rumahnya yang tak layak huni.

Mengacu UU No 1 Tahun 2011, rumah adalah bangunan gedung yang berfungsi sebagai tempat tinggal yang layak huni, sarana pembinaan keluarga, cerminan harkat dan martabat penghuninya, serta aset bagi pemiliknya.

Melalui Bantuan Keuangan Desa (Bankeudes) yang dikelola Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disparakim), Gubernur Jateng sampai 2022 telah merenovasi 77.221 unit Rumah Tak Layak Huni (RTLH). Kategori RTLH sendiri adalah, rumah yang tak memenuhi standar keselamatan bangunan, kesehatan, dan kecukupan luas ruang untuk penghuninya.

BACA JUGA: Ini Langkah Percepatan Membuka Akses Jalan yang Terputus di Wonogiri

Sepanjang 2016-2022, total jumlah RTLH yang ditangani Ganjar mencapai 1.269.056 unit. Sumber pendanaan hasil keroyokan dari APBD, APBN, Baznas, CSR, dan filantropi.

Kini, jutaan warga barkategori miskin terentas, bisa merasakan kehadiran rumah layak huni sesuai dengan standar keselamatan dan ketahanan bangunan.

Di antara penerima manfaat program pemugaran rumah adalah Sholikin. Buruh bangunan warga RT 6/RW 3 Dusun Lerep, Desa Lerep, Kabupaten Semarang itu, tak menyangka rumahnya yang jelek kini layak ditinggali.

BACA JUGA: Gandeng IPNU-IPPNU Desa Tanjung, Mahasiswa KKN Unisnu Ajak Manfaatkan “Reels Ig” untuk Media Promosi

 

blank
Rumah milik Sholikin, seorang buruh bangunan warga RT 6/RW 3 Dusun Lerep, Desa Lerep, Kabupaten Semarang, sebagai salah satu penerima manfaat program RTLH. Foto: hms

Matur nuwun Pak Gubernur, sekarang rumah kami sudah bagus dan nyaman, untuk ditempati. Setelah rumah kami direhab, kami merasa bahagia,” kata Solikin.

Hal senada disampaikan warga Dusun Lerep lainnya, Warsuli. Sudah lama ibu yang tengah sakit lumpuh itu mendambakan rumah sehat yang layak huni. Impiannya terwujud, ketika bantuan Rp 12 juta dari pemprov, telah menyulap rumahnya menjadi lebih bagus dari sebelumnya.

Kades Lerep, Sumaryadi mengungkapkan, pada 2022, pihaknya mendapatkan kucuran bantuan dari Pemprov Jateng sebesar Rp 289 juta. Dari dana itu, sebanyak Rp 84 juta digunakan untuk pembangunan RTLH warganya sebanyak tujuh unit, atau masing-masing penghuni menerima bantuan Rp 12 juta.

BACA JUGA: Semen Gresik Gelar Seminar Manajemen Perubahan pada Perspektif Sistem Keselamatan Kerja Gandeng Safety Engineering Expert

”Bantuan ini sangat membantu desa, khususnya dalam upaya mbantu masyarakat yang berpenghasilan rendah, agar dapat hidup lebih sehat dan sejahtera,” ujarnya.

Gubernur sendiri menyatakan, pembangunan RTLH menggunakan dana dari berbagai sumber, dengan tujuan besarnya mengentaskan kemiskinan. Mulai dari APBD Pemprov Jateng, APBN Pemerintah Pusat, APBD Kabupaten/Kota, Baznas Jateng dan Kabupaten/kota, serta sumbangan CSR dari berbagai perusahaan.

Setiap warga menerima bantuan dalam jumlah yang berbeda-beda. Mulai dari Rp 12 juta hingga Rp 50 juta. Semua tergantung sumber anggarannya. ”Bantuannya sudah diterimakan berupa material. Jadi tinggal digunakan untuk membangun,” paparnya.

BACA JUGA: Rp 38 Miliar DBHCHT Kudus Bakal Digelontorkan untuk Perbaikan Infrastruktur

blank
Ganjar saat memperhatikan secara detail, salah satu sudut rumah yang dianggap sudah tidak layak huni. Foto: hms

Dia menegaskan, program pembangunan RTLH sudah tepat sasaran. Sebab, selain proses usulan, pendataan, juga dilakukan verifikasi dan validasi.

Pada 2022 lalu, Jateng menuntaskan target 11.417 bantuan rehabilitasi RTLH. Realisasi target Pemprov Jateng melalui Disperakim itu, mencapai seratus persen.

”Bicara rumah itu kan ada alas, lantai dan dindingnya. Kalau itu bagus skornya (indikator pengentasan kemiskinan-red), pasti naik. Tinggal ditambah jamban, ditambah air, tentu akan lebih bagus lagi,” terang Ganjar.

BACA JUGA: Di Kismantoro Wonogiri, Dinding Rumah Jebol Diterjang Material Tanah Longsor

Selain itu, keberadaan rumah layak huni bertujuan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan, berwawasan lingkungan, meningkatkan kualitas derajat kehidupan warga yang berkeadilan, serta meringankan beban bagi masyarakat kurang mampu.

Ganjar menyampaikan, target RTLH di 2023 nanti, masih disandingkan dengan berbagai program dan kolaborasi untuk memaksimalkan pengentasan kemiskinan. Misalnya dari CSR perusahaan dan penghimpunan zakat dari Baznas.

Ditegaskan dia, pihaknya tidak akan berhenti menggerakkan program sosial dan pengentasan kemiskinan. Menurut Ganjar, kehadiran pemerintah sangat penting untuk membantu masyarakat.

Tim SB