blank
Hadi, Warga Kedungtuban menemukan Bibit Baru Tanaman Padi Galur Bebas Hama Foto: Kudnadi Saputro Blora
BLORA (SUARABARU.ID) – Petani Desa Nglandeyan, Kecamatan Kedungtuban bersyukur Bibit Baru  Tanaman Padi yang menggunakan padi galur bebas hama.
Padi galur yang diberi nama Putra Blora 01 (PB-01) itu hasil belajar otodidak seorang petani millenial desa Nglandeyan, bernama Hadi.
“Saya bisa menemukan padi galur ini karena belajar otodidak, lewat youtube. Kemudian prosesnya mulai pembenihan hingga panen, prosesnya mayoritas menggunakan organik,” ucap Hadi.
Hadi melanjutkan, ada beberapa efek ketika ia menggunakan proses yang mayoritas organik.
“Efeknya seperti bapak ibu lihat, padi ini bebas hama, kemudian tinggi-tinggi dan jumlah panen diperkirakan 10 ton per hektarnya,” lanjut Hadi saat panen raya Padi Galur Putra Blora 01 (PB-01). Selasa siang, 7 Februari 2023.
Disampaikannya, Hadi siap untuk menularkan apa yang telah ia dapat untuk masyarakat Kabupaten Blora secara luas.
Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si yang ikut secara langsung panen raya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Hadi, Petani Millenial Nglandeyan.
Izin Varietas dan Hak Paten
blank
Hadi, memanen padi hasil Bibit Baru Tanaman Padi Galur Bebas Hama
Foto: Kudnadi Saputro Blora

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Blora menyampaikan apresiasi penghargaan setinggi-tingginya pada petani millenial khususnya mas Hadi yang sudah mendukung program kita terkait dengan ketahanan pangan,” ungkap Bupati Blora.

Dikatakan Bupati Blora, wilayah Kedungtuban adalah salah satu penyangga pangan kabupaten Blora, dimana pada akhir-akhir ini banyak fenomena gagal panen. Sehingga pihaknya meminta dinas terkait untuk mengecek di lapangan.
Bupati Blora melanjutkan, apa yang telah dihasilkan oleh petani millenial Nglandeyan komitmen akan mengawal ke Kementerian Pertanian.
“Saya ingin mengawal ini, agar menjadi varietas andalan kita. Besok rencana kita akan Jakarta dan akan menghadap ke kementerian Pertanian. Agar izin varietas dan hak paten bibit ini,” kata Bupati Blora.
Selain panen raya Bupati Blora juga membuka ruang diskusi bersama para petani. Untuk mendengarkan aspirasi ataupun keluhan para petani Kedungtuban khususnya Desa Nglandeyan.
Ikut panen raya secara langsung Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST., MM, perwakilan DP4 Blora, Forkopimcam Kedungtuban dan Kepala Desa se-Kecamatan Kedungtuban. (Kudnadi Saputro)