blank
Dalam memeragakan pembuatan tosan aji, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (kiri) tampil menjadi Empu menempa besi yang untuk dibuat keris. Istrinya (berdiri kanan), menjadi Panjak yang membantu melakukan emposan tungku perapian Baselen.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji dan istri, Senin (6/2), memperagakan pembuatan tosan aji (keris pusaka). Bupati tampil menjadi Empu, dan Ny Efi Suraningsih Indrata Nurbayuaji sebagai Panjak (asisten Empu).

Peragaan pembuatan tosan aji, dilakukan melalui Baselen (bengkel Empu) yang dihadirkan bersamaan digelarnya pameran buku dan bazar buku murah. Kegiatan ini, merupakan bagian dari agenda dalam rangka menyongsong peringatan Hari Jadi Ke-278 Kabupaten Pacitan Tahun 2023.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, acara yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Perpustakaan Daerah (Perpusda) Pacitan tersebut, digelar di halaman Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Pacitan.

Bekerjasama dengan Dewan Kesenian Daerah (DKD) Pacitan, juga digelar pameran karya seni, pameran sejarah Kabupaten Pacitan, pojok pembuatan tosan aji, serta stand pameran pusaka.

Buka Wawasan

Acara tersebut, secara resmi dibuka Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji Senin (6/2). ”Mudah-mudahan banyak yang berkunjung dan membeli buku. Karena dengan membaca buku, akan membuka wawasan kita,” kata Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

Membaca buku, tambah Bupati, sangat mengasyikan. Karena dari buku, cakrawala dunia akan terbuka. Untuk itu, Mas Aji berharap dengan adanya bazar buku murah ini, bisa menarik minat anak-anak muda untuk gemar membaca dan membeli buku.

”Saran saya buat adik-adik, mulailah dengan membaca buku dari yang ringan-ringan, kemudian meningkat dan meningkat lagi,” tandas Bupati.

Bazar buku murah akan berlangsung dari Tanggal 6 sampai dengan Tanggal 20 Februari 2023. Bersamaan itu, juga diadakan wisata buku, lomba menggambar tingkat SD, dan lomba mewarnai untuk Taman Kanak-kanak (TK).

Bambang Pur