blank
DITARIK - Truk bermuatan batu bara yang mengalami patas as roda ditarik kendaraan berat. (foto: Istimewa)

SLAWI (SUARABARU.ID) – Truk bermuatan batubara mengalami patah as roda di underpass Pesurupan Margasari, Jalur Tegal-Purwokerto, Rabu (01/2/2023). Akibat kejadian tersebut badan truk mengahalangi jalan rayap hingga arus lalu lintas sempat tidak bergerak beberapa waktu.

“Beruntung truk tidak sampai terguling namun dalam posisi miring ke kiri hingga menutupi satu ruas jalan,” kata Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun, SH SIK melalui Kasat lantas Polres Tegal AKP Erwin Chan Siregar SH SIK MH yang berada di lokasi kejadian.

Erwin menuturkan, truk dengan muatan batubara dari arah Cirebon hendak menuju ke Cilacap. Karena kondisi jalan menurun dan menikung akhirnya mengalami patah as roda sebelah kiri. “Arus lalu lintas sempat tersendat. Situasi diperparah oleh cuaca mendung serta jalan yang menikung,” ujar Erwin.

Beberapa petugas Satlantas Polres Tegal dan beberapa personil Polsek Margasari turun tangan mengatur lalulintas yang sempat tidak bergerak. “Proses perbaikan dan evakuasi truk langsung ditangani oleh mekanik. Setelah truk bisa ke pinggir jalan, arus lalu lintas bisa bergerak kembali,” ungkapnya.

AKP Erwin mengimbau pentingnya mengecek kondisi kendaraan dan muatan sebelum beroperasi. “Jangan memaksakan kendaraan untuk membawa barang berlebihan. Lakukan pengecekan kendaraan secara berkala,” pungkas Erwin.

Sutrisno