blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Divisi Lingkungan Hidup, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah melakukan persiapan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari 2023.

Direncanakan LLHPB Jawa Tengah akan menggelar kegiatan Musyawarah Wilayah (Msywil) yang akan diselenggarakan di Kota Tegal pada tanggal 3 sampai dengan 5 Maret 2023 mendatang.

Untuk itu LLHPB Jawa Tengah telah menyelenggarakan rapat koordinasi melalui zooming pada Rabu 01/02/2023 pukul 19,30 sd 21.30 WIB yang diikuti Ketua PWA Jawa Tengah Ummul Baroroh, Wakil Ketua PWA Koordinator Bidang LLHPB dan Lembaga Kebudayaan Chusnul Hayati, Ketua LLHPB PWA Jateng beserta jajarannya, serta LLHPB PDA se Jawa Tengah, Panitia Musywil, dan Lembaga Kebudayaan PDA se Jawa Tengah.

blank

Ketua Divisi LH LLHPB Jawa Tengah, Deny Ana I’tikafia yang bertindak sebagai moderator diskusi mengungkapkan bahwa, Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS), telah dicanangkan sejak 2 tahun lalu, bertepatan HPSN kala itu, bersama Majelis Lingkungan Hidup (MLH) PWM Jawa Tengah,”ujarnya.

“Kali ini bertepatan dengan pasca muktamar mempersiapkan musywil di Kota Tegal dan musyda yang tetap bernuansa ramah lingkungan di daerah masing-masih se Jawa Tengah,” ujar Deny Ana I’tikafia

Sementara menurut Ketua PWA Jateng, Ummul Baroroh, GMPS sudah seharusnya menjadi habbit (kebiasaan) yang diterapkan, ibu Aisyiyah sebagai pelopor yang harus senantiasa memberi contoh tauladan,”tuturnya

Materi diskusi dibawakan oleh narasumber Ketua LLHPB Jateng Lilik Tri Prihantini. ”Perlu dibentuk Duta GMPS, dengan menggandeng Hisbul Wathon (HW) juga Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM). Silakan menimba ilmu dengan Ketua LLHPB Sukoharjo Ismokoweni yang telah sukses mengelola relawan Duta Muktamar Bersih (DMB),” ujarnya

Sambutan penutup merupakan rangkaian kesimpulan oleh wakil ketua PWA Koordinator Bidang LLHPB dan Lembaga Kebudayaan Chusnul Hayati menyatakan GMPS harus merupakan pergerakan yang masif, kontinyu dan menjadi bagian dalam menciptakan kelestarian lingkungan.

Dafia