blank
Personel TNI dari Koramil dan Anggota Polsek, memberikan pendampingan pelaksanaan vaksinasi PMK pada ternak sapi di Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bersamaan dengan pemberian vaksin, ternak sapi di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri juga diberi penanda. Ini dilakukan untuk memperjelas ternak-ternak sapi yang sudah divaksinasi dan yang belum.

Vaksinasi diberikan untuk pencegahan dan penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Ini sebagaimana dilakukan Tim Vaksinasi dari Dinas Peternakan Perikanan Kelautan (Disnakperla), yang melakukan vaksinasi pada sapi-sapi piaraan peternak di Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, Tim dalam melaksanakan tugas vakisnasi, mendapatkan pendampingan dari aparat keamanan, dalam hal ini dari personel Koramil dan Polsek. Yakni Anggota Koramil-14/Jatisrono Serka Suyadi bersama dengan Kanit Binmas Polsek Jatisrono Bripka Heru dan, Bhabinkamtibmas Briptu Ricy Aditya.

Teknis vaksinasi dilakukan oleh Vaksinator Suwarno bersama Dokter Hewan (drh) Erna Wulandari. Pelaksanan vaksinasi dilakukan secara door-to-door dengan mendatangi ke kandang-kandang ternak milik masyarakat. Sebanyak 39 ekor sapi menjadi sasaran pelaksanaan vaksinasi PMK di Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

Pemberian tanda pada sapi yang telah divaksinasi, tujuannya untuk memudahkan petugas dalam mendata hewan ternak yang sudah divaksin dan yang belum divaksin. Juga memudahkan masyarakat pemilik sapi, bila akan menjual ternak piaraannya.

Kepada seluruh masyarakat yang mempunyai ternak, diberikan pemahaman tentang pentingnya pemberian vaksinasi kepada sapi piaraannya. Ini untuk pencegahan dan memutus mata rantai penularan PMK.

Bambang Pur