blank
Usai menanam pohon durian Musang King, FX Supanji (kiri), Dr Ferdinand (rengah) dan Dr Berta, melakukan foto bersama. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rektor Unika Soegijapranata, Semarang, Dr Ferdinandus Hindiarto MSi mengatakan, setiap tahun pihak kampus mengadakan pelatihan soft-skill yang kemudian dikenal dengan Advancing Talent and Goal Wonderfully (ATGW).

Hal itu seperti yang disampaikannya, di sela acara penanaman pohon secara massal, di area sekitar Dormitory Teresa Avila, yang ada di wilayah kampus setempat, Rabu (1/2/2023). Kegiatan penanaman pohon yang didukung Djarum Foundation Bakti Lingkungan ini, diikuti 1.400 mahasiswa baru Unika.

Sejumlah 302 pohon dari berbagai jenis, seperti durian, alpukat, nangka, buah mentega, sirsak madu, asam jawa dan 11 jenis pohon Multi Purpose Trees Species (MPTS) lainnya, ditanam di daerah perbukitan ini.

BACA JUGA: Polwan Polres Klaten Laksanakan Pembinaan Anak Sekolah di 23 SMP

Rektor Unika menyebut, kegiatan itu diharapkan bisa memunculkan kepedulian mahasiswa, tak hanya pada sesama, tetapi juga terhadap lingkungan. Mereka nantinya juga akan merawat langsung pertumbuhannya.

”Program ini menjadi bagian dari ATGW untuk menumbuhkan karakter kritis, kreatif, visioner, peduli, dan tangguh (KKV-PT) pada mahasiswa baru. Penanaman dan perawatan yang dilakukan mahasiswa ini, mendorong mahasiswa untuk tidak hanya memunculkan kepedulian pada sesama, namun juga terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Berta Bekti Retnawati MSi menuturkan, aksi penanaman pohon ini, mendorong mahasiswa secara berkelompok untuk berperan aktif, peduli pada lingkungan. Mulai dari menanam pohon, merawat dan menjaga tetap hidup subur, berkembang dan seterusnya.

BACA JUGA: Warga Desa Tahunan Ikut Nyengkuyung Pembangunan RSNU Jepara

Menurut dia, konsistensi dan keaktifan menjaga pohon yang sudah ditanam dan dilakukan dalam durasi waktu penilaian, menunjukkan komitmen dan keseriusan semua pihak, untuk lingkungan tetap asri dan subur.

”Kondisi ini digerakkan oleh kepedulian kampus untuk melestarikan lahan kritis di wilayah Kota Semarang,” imbuhnya.

Sementara itu, Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji, menyambut baik inisiatif dari Unika, yang melibatkan langsung seluruh mahasiswa barunya, untuk ikut menanam.

”Kami berharap, mahasiswa dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga kelestarian lingkungan,” pesan dia.

Riyan