blank
Cara menyikat gigi yang benar. Foto: Dok/Hellosehat

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Menggosok gigi adalah rutinitas yang kita lakukan setiap hari. Menggosok atau menyikat gigi setiap hari sangatlah penting untuk kesehatan diri sendiri. Namun, apakah kamu sudah melakukannya dengan benar.

Karena, teknik menyikat gigi yang salah justru dapat memicu berbagai masalah gigi dan mulut. Lantas, bagaimana cara menyikat gigi yang benar?

Dilansir dari Hellosehat, memakai sikat dan pasta gigi harus yang tepat. Pemilihan sikat dan pasta gigi memiliki peran penting untuk membersihkan gigi secara tepat.

Pertama, pilih pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride merupakan mineral yang berfungsi melindungi dan memperkuat lapisan enamel gigi. Sementara untuk sikatnya, sesuaikan kepala sikat gigi dengan lebar mulut kamu. Pilihlah kepala sikat dengan ujung yang kecil supaya mudah menjangkau gigi yang paling dalam.

Pastikan juga sikat gigi yang kamu pilih memiliki gagang yang nyaman ketika dipegang. Dengan begitu, kamu dapat menggosok gigi dengan cara yang benar.

Cara menggosok gigi yang benar
Jika peralatan sudah ditentukan, kini kamu sudah bisa mulai menyikat gigi.

Ini panduan cara sikat gigi yang benar dan perlu kamu perhatikan.

1. Langkah pertama
Genggam sikat gigi kamu dengan menempatkan sudut kepala sikat agak miring dengan posisi membentuk sudut 45 derajat. Jadi, kamu tidak menempelkan keseluruhan permukaan bulu sikat pada permukaan gigi.

2. Langkah kedua
Kamu bisa mulai menyikat dari gigi depan atau gigi geraham pada salah satu sisi mulut. Sikatlah gigi kamu dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama 20 detik untuk setiap bagian.

Teknik ini bertujuan supaya bulu sikat dapat mengeluarkan plak yang menyelip pada batas gusi. Selama menyikat gigi, pastikan kamu tetap menjaga posisi bulu sikat sedikit miring membentuk sudut 45 derajat.

3. Langkah ketiga
Sikatlah gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah, yaitu bagian gigi yang dekat dengan pipi dan lidah, dengan gerakan maju mundur secara perlahan.

Setelah bagian atas dalam tersikat, kemudian sikatlah bagian bawahnya. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat sehingga plak atau sisa makanan yang menempel pada gigi bisa hilang.

4. Langkah keempat
Untuk membersihkan permukaan dalam barisan gigi depan, kamu harus memegang sikat gigi secara vertikal. Gunakan ujung kepala sikat gigi, lalu sikat dengan gerakan ke atas dan bawah, dari tepi gusi sampai atas gigi.

5. Langkah kelima
Sama dengan langkah keempat, arahkan sikat gigi agak tegak untuk membersihkan gigi depan bagian bawah. Gerakkan sikat ke atas dan ke bawah pelan-pelan, lalu ulangi gerakan ini sebanyak 2–3 kali.

6. Langkah keenam
Mengacu laman Canadian Dental Association, menyikat gigi dengan pola yang sama berulang kali bisa membuat bagian lain yang tidak biasa dilewati jadi terabaikan. Kamu bisa mengubah pola menyikat gigi yang biasanya. Namun, pastikan kamu tetap gosok gigi dengan cara dan gerakan yang benar.

Dibutuhkan waktu sekitar 2–3 menit untuk menyikat seluruh bagian gigi kamu. Setelah semua gigi tersikat, bilas mulut dan sikat gigi kamu sampai bersih.

Bagaimana mengetahui gigi sudah bersih setelah disikat?
Cara termudah untuk mengetahui apakah gigi kamu sudah bersih atau belum yakni dengan merabanya menggunakan lidah.

Bila permukaan gigi terasa halus, artinya gigi kamu sudah bersih. Namun, jika permukaannya masih terasa kasar, itu berarti masih ada sisa plak yang menempel pada gigi kamu. Maka dari itu, pastikan kamu menerapkan cara gosok gigi yang benar. Selain itu, pastikan pula bahwa seluruh permukaan gigi sudah kamu sikat semua.

Bersihkan lidah setelah menyikat gigi

Setelah menyikat gigi dengan cara yang benar, jangan lupa untuk membersihkan lidah. Membersihkan lidah penting dilakukan untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Kamu bisa menggunakan karet pembersih lidah yang terdapat di belakang sikat gigi atau alat khusus pembersih lidah (tongue scraper) yang sudah banyak dijual di pasaran.

Sikatlah lidah dari pangkal lidah yang paling dalam dan tarik perlahan ke depan dalam satu gerakan. Jangan lupa bersihkan juga bagian samping lidah dengan cara yang sama. Ulangi cara ini sebanyak 2–3 kali atau sampai kamu merasa lidah benar-benar bersih.

Terakhir, berkumurlah dengan air bersih. Kamu juga bisa berkumur dengan obat kumur untuk mengoptimalkan kebersihan gigi dan mulut.

Membersihkan lidah idealnya dilakukan setelah sikat gigi pada pagi dan malam hari. Bila kamu tak punya cukup waktu untuk melakukannya, cukup bersihkan lidah satu hari sekali pada pagi hari.

Ning Suparningsih