blank
Warga Lemahputih, Kecamatan Brati, Grobogan bergotong royong dengan anggota TNI memperbaiki tanggul sungai yang jebol, Jumat 27 Januari 2023. Foto: Pemerintah Desa Lemahputih

GROBOGAN (SUARABARU.ID)–  Tanggul sungai di Dusun Ngasihan Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan diperbaiki secara bergotong royong anggota Koramil 13/ Brati Kodim 0717/Grobogan bersama warga.

Tanggul jebol di Dusun Ngasihan ini, menurut warga, jika dibiarkan limpahan air sungai bisa menggenangi sawah warga. Sehingga bisa mengancam panenan.

Dibantu anggota TNI, warga pun dengan gerak cepat (gercep) melakukan perbaikan tanggul sungai yang jebol dengan menambal bekas jebolan dengan karung berisi tanah dan pasir.

Seorang warga menyebut, mereka sudah merasakan banjir yang melanda Desa Lemah Putih beberapa waktu lalu. “Sehingga aktivitas warga terganggu dan areal persawahan terendam lebih dari sepekan,” ujar warga tersebut.

Mengingat kejadian tersebut warga pun bergegas menambal tanggul yang jebol anggota Koramil 13/ Brati Kodim 0717/Grobogan, Sertu Ahmad Hanafi yang merupakan Babinsa Desa Lemah Putih.

Sungai yang tanggulnya jebol tersebut merupakan akses untuk mengalirkan air dari beberapa lokasi menuju hilir sungai atau pembuangan terakhir. Tujuannya untuk mencegah terjadinya banjir.