blank
Tim SAR melakukan pencarian korban tenggelam Sukiyem, warga Bri ngin Kabupaten Semarang, yang diduga hanyut di Sungai Tuntang oleh Tim SAR. Foto: TRC BPBD Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Tim Basarnas, BPBD Kabupaten Semarang dan Grobogan menghentikan pencarian korban tenggelam di Sungai Tuntang atas nama Sukiyem (50), warga Desa Kalikurmo, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Jumat (27/1/2023). Korban tenggelam dan hanyut di Sungai Tuntang sejak Senin 23 Januari 2023 lalu.

Informasi mengenai hilangnya Sukiyem bermula ketika korban hendak pergi ke ladang untuk memanen jagung di lahan Perhutani. Diduga saat itu korban hanyut dan terbawa arus Sungai Tuntang.

Operasi pencarian pun dilakukan tim gabungan dari Basarnas, BPBD Kabupaten Semarang dan BPBD Grobogan mulai Selasa, 24 Januari. Tim melakukan pencarian dengan menyisir dari lokasi awal korban diduga hanyut.

Baca juga Warga Bringin Kabupaten Semarang Tenggelam di Sungai Tuntang, Empat Hari Belum Ditemukan

Tim gabungan melakukan pencarian hingga belakang Stasiun Kedungjati, dilanjut dengan menggunakan perahu hingga sampai Bendung Glapan dan terus hingga jembatan Gantung di Kecamatan Gubug, Grobogan.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Grobogan, Endang Sulistyoningsih melalui Kasi Kedaruratan, Masrikan, proses pencarian dilaksanakan sejak Selasa (24/1/2023). Melibatkan berbagai unsur.

“Namun hingga Jumat (27/1/2023) sore, operasi SAR Gabungan yang melibatkan dua kabupaten dan Basarnas, TNI, Polri, belum juga menemukan korban,” jelas Masrikan, Sabtu (28/1/2023).

Pencarian korban Sukiyem, lanjut Masrikan, dengan menyisir Sungai Tuntang dari Kabupaten Semarang hingga Kabupaten Grobogan. Proses pencarian terkendala alur sungai yang memiliki kesulitan tersendiri.

Baca juga Tanggul Sungai Jebol, Warga Lemahputih Gotong Royong Memperbaiki Bersama Koramil Brati

“Pencarian hingga Jumat sore korban belum juga ditemukan. Sehingga proses pencarian korban dihentikan dan dilanjutkan oleh Basarnas melalui pemantauan Sungai Tuntang hingga wilayah Demak,” katanya