blank
Mahasiswa KKN USM dan warga foto bersama seusai Sosialisasi Pembuatan Biogas, Pupuk Organis Cair dan K3 di Kelurahan Muktiharjo Kidul. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mahasiswa KKN Universitas Semarang (USM) mengadakan Sosialisasi Pembuatan Biogas, Pupuk Organik Cair dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Kelurahan Muktiharjo Kidul, Pedurungan, Kota Semarang pada Sabtu (28/01/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Kelurahan itu dihadiri antara lain Lurah Muktiharjo Kidul Sofia Ernawati SE MM, ketua lembaga LPMK, FKK, BKM, Ketua TP PKK, 25 ketua RW dan ketua PKK RW serta masyarakat Muktiharjo Kidul.

Lurah Muktiharjo Kidul, Sofia Ernawati mengatakan, kegiatan yang mengambil tema ”Sosialisasi Energi Baru dan Terbarukan” itu dilaksanakan mahasiswa KKN USM. Kegiatan tersebut sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dan program kerja KKN.

”Kami berharap dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ini, masyarakat Kelurahan Muktiharjo Kidul dapat membuat pupuk secara mandiri. Selain itu juga mampu memanfaatkan limbah yang ada di wilayahnya dengan mengubahnya menjadi produk bermanfaat yang dapat digunakan secara berkelanjutan yaitu biogas dan pupuk organik cair,” ungkap Sofia Ernawati.

Dia mengatakan, sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan keterampilan kepada masyarakat terkait cara membuat biogas dan pupuk serta memahami penting nya K3 dalam melaksanakan tugas.

Sosialisasi disampaikan mahasiswa KKN USM dari Jurusan Elektro, Mahardhika Gilianto. Dia menjelaskan tentang biogas, pupuk cair dan K3.

Dia berharap, melalui kegiatan ini masyarakat mendapatkan tambahan ilmu dan keterampilan mengenai cara mengolah biogas, pupuk organik cair dan K3.

Selain itu juga masyarakat dapat memberikan kontribusi berkelanjutan bagi masyarakat Muktiharjo Kidul.

Muhaimin