blank
Warga dan petugas Polsek memadamkan sisa api yang membakar rumah warga Desa Giyanti, Kecamatan Rowokele, Kebumen, Jumat (27/1) sore.(Foto: SB/Humas Polres Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)– Kebakaran menimpa rumah warga Desa Giyanti, Kecamatan Rowokele, Kebumen, Jumat sore (27/1). Ironisnya, saat kejadian, pemilik rumah, Limin (67), sedang mencari rumput untuk pakan kambing.

Akibatnya, rumah tersebut ludes terbakar. Kebakaran diperkirakakan dipicu dari kayu bakar di tungku untuk membuat gula. Namun pemilik rumah keburu pergi saat api di dapur belum padam benar.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha mengungkapkan, hasil penyelidikan, kebakaran rumah semi permanen berukuran sekitar 9 x 12 meter itu diduga dipicu bara api sisa memasak gula merah.

“Keterangan korban, setelah memasak atau membuat gula merah, ia menaruh kayu bakar di atas tungku. Kemungkinan dari tungku itu api membakar kayu lalu merambat ke bangunan rumah,”jelas Aiptu Catur, Sabtu (28/1).

Setelah menaruh kayu, lantas korban pergi meninggalkan rumah kurang lebih 30 menit untuk mencari pakan ternak. Sewaktu Limin masih di luar rumah, tetangga melihat api api sudah membesar melalap rumah korban sehingga kesulitan untuk memadamkan. Meski telah dilakukan upaya pemadaman, si jago merah tetap membesar dan melalap habis bangunan.

Tetangga hanya bisa mengamankan satu unit kendaraan sepeda motor milik korban. Namun barang berharga lainnya tidak bisa diselamatkan. Barang yang terbakar berupa pakaian, alat dapur, gabah kurang lebih 1 kuintal, gula merah 20 kg, peralatan elektronik, kasur, lemari kayu, dokumen-dokumen, serta uang tunai Rp. 530.000, tidak bisa diselamatkan.

Adanya peristiwa kebakaran tersebut, Polres Kebumen mengimbau kepada masyarakat untuk lebih hati-hati dengan selalu mengecek saat akan meninggalkan rumah.”Kami berpesan, untuk selalu mengecek pintu atau jendela apakah sudah terkunci, keran air atau kompor atau tungku api di dampur apa sudah dimatikan dengan baik,”ujar Aiptu Catur.

Komper Wardopo