blank
Jagung rebus. Foto: Dok/Pinterest

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jagung ternyata mengandung sejumlah besar serat yang dapat membantu mengurangi produksi asam lambung.

Selain itu dapat membantu mencegah terjadinya gejala asam lambung seperti mual, muntah, radang tenggorokan, nyeri ulu hati (heart burn), dan nyeri perut.

Kandungan zat karbohidrat dan serat tinggi pada jagung rebus ternyata cukup aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung, asalkan dikonsumsi dalam porsi yang wajar atau secukupnya.

Dilansir dari Alodokter.com (dr. Amadeo Drian Basfiansa) sakit maag atau dispepsia merupakan penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri dan panas pada lambung karena berbagai macam pemicu.

Diantara hal-hal yang bisa memicu maag antara lain,
1. Stres
2. Merokok
3. Mengkonsumsi kafein seperti yang ada pada kopi dan teh
4. Konsumsi alkohol dan minuman bersoda
5. Makan terlalu cepat dan terlalu banyak dalam satu waktu
6. Mengkonsumsi makanan pedas, asam, dan berminyak
7. Mengkonsumsi cokelat
8. Menahan lapar

Maka pada kasus ini, jagung rebus atau kukus semestinya tidak memicu maag, kecuali kamu mengkonsumsinya dengan tambahan sambal, sehingga membuatnya terasa pedas.

Coba kamu evaluasi kembali apakah kamu tidak telat makan hari ini, dan apakah kamu mengkonsumsi makan dengan porsi yang cukup.

Bila memang kamu sudah menjaga pola hidup dengan baik, dengan menghindari pemicu-pemicu diatas namun maagnya tetap sering kambuh, sebaiknya kamu periksakan ke dokter penyakit dalam, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu, kamu boleh mengkonsumsi obat maag yang dijual bebas dengan membaca aturan pakai yang tertera terlebih dahulu, perbanyak konsumsi air putih hangat, hindari sebab-sebab diatas, dan periksakan ke dokter bila keluhan berlanjut.

Ning Suparningsih

 

Jagung rebus. Foto: Dok/Pinterest