blank
Ilustrasi buah sawo. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah sawo dengan nama latin Manilkara Zapota merupakan buah yang memiliki warna cokelat pada kulit dan daging buahnya dengan rasa yang cukup manis.

Dilansir dari Suara.com, nama lain dari buah sawo yaitu sapodilla, sapota, dan naseberry. Meskipun buah ini cukup banyak tumbuh di Indonesia, tapi ternyata buah ini sejatinya berasal dari Amerika bagian tengah.

Selain disukai karena rasanya yang enak dan manis, buah sawo juga memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Dilansir dari hellosehat.com berikut adalah 4 manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Ini Manfaat Jagung Rebus bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

1. Membantu menurunkan berat badan

Jika kalian sedang diet berusaha menurunkan berat badan agar mendapatkan tubuh ideal, mengkonsumsi buah sawo dapat membantu mewujudkan impian kalian. Dikutip dari Healthy Focus, kandungan serat dalam sawo mampu membuat rasa kenyang tahan lebih lama tanpa harus menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, kalian tidak akan mudah merasa lapar sehingga nafsu makan berkurang. Dengan begitu kalian akan mengurangi porsi makan.

2. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam buah sawo sangat diperlukan oleh tubuh. Antioksidan dalam buah sawo memiliki peran penting untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang menumpuk sering dikaitkan dengan penyebab munculnya berbagai macam penyakit berbahaya.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Banyak sekali buah-buahan yang memiliki khasiat untuk meningkatkan imun tubuh. Buah sawo adalah salah satunya, buah sawo dapat kalian pilih sebagai penambah daya tahan tubuh. Buah sawo memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain memiliki fungsi sebagai peningkat imun tubuh, vitamin C dalam sawo juga memiliki manfaat dalam perkembangan tulang dan penyerapan zat besi.

Baca Juga: Empat Manfaat Sari Kurma bagi Kesehatan yang Jarang Kita Ketahui

4. Melancarkan sistem pencernaan

Buah sawo mengandung serat yang cukup tinggi, yaitu dalam 100 gram buah sawo terdapat 9,5 gram serat. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah ini memiliki manfaat yang sangat bagus untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Sience and Technology India menemukan fakta bahwa serat dalam buah sawo dapat membantu meringankan berbagai gangguan pencernaan.

Terlepas dari semua manfaatnya yang sangat bagus bagi kesehatan, buah sawo juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut adalah dampak yang akan ditimbulkan.

Baca Juga: Lima Manfaat Minyak Almond Bagi Kecantikan Yang Wajib di Coba

1. Menyebabkan masalah pencernaan

Kandungan serat yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang banyak akan menyebabkan tekanan yang berlebihan pada sistem pencernaan, sehingga menyebabkan masalah pencernaan.

2. Menyebabkan efek ruam pada kulit

Senyawa lateks dan tanin yang terkandung dalam buah sawo dapat menimbulkan reaksi alergi pada seseorang. Efek dari alergi tersebut adalah muncul ruam pada kulit dan pembengkakan pada leher.

3. Memicu timbulnya diabetes

Bertentangan dengan program diet, sawo yang mengandung gula serta kalori tinggi justru akan memicu naiknya gula darah. Yang mana hal itu akan menimbulkan penyakit diabetes.

Itulah manfaat dan dampak buruknya mengkonsumsi buah sawo terhadap kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Claudia