blank
Ruswanto (berdiri ketiga dari kanan), berfoto bersama para pemenang di kategori SD. Foto: ypialfikri

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kepala Sekolah SD Islam Al Azhar 25, Semarang, Ruswanto MPd mengatakan, pihaknya bangga akan raihan prestasi yang didapat anak-anak didiknya, di ajang Olimpiade Sains Al Azhar (OSA) XV. Event itu sendiri digelar Yayasan Pesantren Islam Al Azhar, di Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (21/1/2023).

”Ini merupakan bukti kesungguhan dari murid-murid dan para pembimbing, yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan diri mengikuti Kompetisi OSA ini,” kata dia, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/1/2023).

Menurut dia, raihan prestasi ini merupakan capaian yang setiap tahunnya didapatnya. Sebelumnya, dia pun sudah yakin timnya bisa menjadi juara. Terbukti, saat final berlangsung murid-murid Al Azhar Kalibanteng, berhasil memperoleh juara dalam kompetisi itu.

BACA JUGA: Pelatihan Kuliner “Tahu Kupat Solo” jadi Pilihan KUBE Kalinyamatan

”Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh orang tua murid, yang telah mendukung penuh kegiatan ini. Tidak diragukan lagi, Al Azhar Kalibanteng, merupakan salah satu sekolah Islam terbaik di Semarang,” tutur dia, yang sekaligus menjadi Ketua Rombongan Kontingen Al Azhar, Kalibanteng, Semarang ini.

OSA sendiri merupakan ajang bergengsi tahunan, yang digelar Yayasan Pendidikan Islam Al Azhar, dan diikuti seluruh pelajar Al Azhar seluruh Indonesia. Adapun tema yang diangkat, ‘Beradab, Cerdas, dan Tangkas untuk Meraih Prestasi Gemilang’.

Kegiatan ini diawali babak penyisihan pada Sabtu (14/1/2023), secara online. Dan babak final dilaksanakan secara offline, di Kampus Al Azhar Kebayoran Baru. Ada 18 bidang lomba yang diikuti oleh 1.856 murid sekolah Islam Al Azhar di seluruh Indonesia. Rinciannya, SD 855 murid, SMP (398), dan SMA (608).

BACA JUGA: Kodim 0801 Pacitan Gelar Olahraga Jalan Kaki dan Bersepeda Secara Massal

Di babak final, Al Azhar Kalibanteng membawa pulang tiga medali perak atas nama Armand Diarra A (IPA kelas 4), Nazwa Natania Putri W (PAI/PAQ kelas 4), serta Ahmad Dzikry Ardiansyah (PAI/PAQ kelas 5).

Selain itu, Al Azhar Kalibanteng juga berhasil membawa dua medali perunggu atas nama Aisyah Izzatunnisa (IPA Kelas 4) dan Shereen Maharani (PAI/PAQ kelas 4). Lima siswa peraih medali itu, merupakan murid SD Islam Al Azhar 25 Semarang.

Sedangkan siswa SMP Islam Al Azhar 23 Semarang, juga memperoleh medali perunggu di mata lomba IPS, atas nama Satria Kesuma Gumelar. Untuk gelar Honorable Mention diraih Muhammad Ghozi Fakhruddin.

BACA JUGA: Terpilih Aklamasi, Edi Kent Pimpin PP Kota Tegal

Dua gelar Honorable Mention lainnnya disabet Muhammad Raihan Fakhir Mumtaz (IPA), serta Andy Bintang Widyasatria (Matematika).

Sementara itu, dalam cabang lomba Fisika, dua siswa SMA Islam Al Azhar 15 Semarang, Ananda Akhnaf Fawzan Yogatrisna dan Ghulam Yumna Ananta, juga memperoleh penghargaan Honorable Mention.

Riyan