blank
Bupati menerima kunker anggota DPR RI dari Komisi V, di Gedung Gradhika Bina Praja. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)- Bupati Demak, Eisti’anah, menerima kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI, di Gedung Grhadika Bina Praja, Kabupaten Demak, Kamis, (19/1/2023). Rombongan wakil rakyat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw itu, meninjau sejumlah infrastruktur yang ada di Kabupaten Demak.

Khususnya di wilayah desa yang terdampak rob, seperti di Desa Timbulsloko, kemudian tinjauan ke pintu air Kali Tulung di Desa Batu, Kecamatan Karangtengah. Rombongan juga meninjau calon terminal bus yang baru, di Jogoloyo, Demak.

Eisti’anah pun menyampaikan apresiasinya kepada Komisi V DPR RI, yang telah menyempatkan waktu untuk hadir di Kabupaten Demak. Dikatakan dia, sejumlah wakil rakyat itu, meninjau Desa Timbulsloko, yang merupakan lokasi perumahan warga terdampak rob.

BACA JUGA: Seleksi PPIH Haji Dipastikan Adil dan Transparan

Mereka juga memantau pintu air Kali Tulung yang ada di Desa Batu, Kecamatan Karangtengah, serta mengecek calon terminal baru di daerah Jogoloyo.

Dalam penjelasannya, bupati menyampaikan, untuk menyelesaikan permasalahan banjir dan rob di kawasan pesisir Demak, tidak dapat dilakukan hanya oleh Pemkab Demak saja.

Namun dibutuhkan kolaborasi dengan pemerintah provinsi dan kementerian terkait, sesuai dengan kewenangannya masing-masing. Eisti’anah berharap, dengan kedatangan kunjungan ini, bisa membantu permasalahan yang ada di Kabupaten Demak.

blank
Anggota DPR RI, saat berdialog dan menyerap aspirasi warga Desa Batu Karangtengah, Demak. Foto: rudy

BACA JUGA: PMI Kota Pekalongan Optimalkan Sumber Dana untuk Layani Masyarakat

”Semoga ada bantuan untuk Kabupaten Demak. Karena Pemkab Demak tidak sanggup untuk menyelesaikannya sendiri. Apalagi curah hujan yang tinggi, sehingga semuanya jadi terdampak. Tidak hanya rumah warga saja, namun pertanian juga terdampak,”jelasnya.

Sementara itu, Roberth Rouw menyampaikan, dampak banjir rob, dikhawatirkan akan berpengaruh pada penurunan kualitas hidup masyarakat, kerusakan ekosistem darat dan laut, maupun indikasi peningkatan kemiskinan.

”Selain itu, persoalan lainnya adalah perlu dilakukan preservasi Jalan Nasional Pantura, untuk menghindari kecelakaan dan kemacetan. Juga termasuk revitalisasi terminal,” papar dia.

BACA JUGA: Tak Punya E-KTP, 32.612 Pemilih Pemula di Brebes Terancam Tak Bisa Memilih

Pada kunjungan kerja ini, Komisi V DPR RI meminta Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan, untuk segera berkoordinasi dengan Pemkab Demak, agar masalah banjir rob di wilayah ini, dapat segera teratasi.

”Walaupun selama ini sudah ada kegiatan pengendalian banjir dan rob, namun masih terdapat beberapa titik yang harus segera ditangani,” tukas dia.

Rudy