blank
Kami Hartati menunjukkan sirup Daker, yang dikatakannya bisa membantu mengendalikan kadar gula darah. Foto: hms

KENDAL (SUARABARU.ID)– Kami Hartati, pemilik usaha Haryo Industri, yang memproduksi sirup Daker (akronim dari Daun Kersen) mengatakan, bisnisnya sempat terpuruk akibat terpaan pandemi Covid-10.

Sehari-harinya dia memproduksi sirup Daker di Jalan Rejotaruno no 13, Tamanrejo, Limbangan, Kabupaten Kendal. Namun berkat keikutsertaannya di Lapak Ganjar, kini usahanya mulai bangkit.

Lapak Ganjar sendiri merupakan program promosi UMKM melalui media sosial, yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Lapak Ganjar kini berhasil mendongkrak usaha UMKM, khususnya di Jateng.

BACA JUGA: Daftar Tunggu Penerima Bantuan Rumah Sehat Layak Huni Sudah Menanti

Hartati menyatakan, saat pandemi covid-19, usahanya bisa dikatakan hidup segan mati pun tak mau. ”Namun setelah ikut Lapak Ganjar, omzet penjualan meningkat. Program itu sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM,” kata pengusaha yang juga berprofesi sebagai guru itu, dalam keterangannya belum lama ini.

Dia menerangkan, selain peningkatan omzet, sirup produksinya juga makin dikenal pasar. Setelah mengikuti Lapak Ganjar, dia menerima pesanan dari berbagai daerah. Mulai dari DKI Jakarta, Bandung, hingga Jawa Timur.

”Dari luar daerah, pesanan paling banyak dari Jakarta dan Bandung. Justru di Jateng ini kurang. Padahal kita produksi di Jateng, tapi belum begitu memasyarakat. Semoga pasar terus berkembamg,” harap dia.

BACA JUGA: TNI Wonogiri Pelopori Kerja Bakti di Sekolah dan Rumah Ibadah

Sedangkan mengenai sirup Daker, jelas dia, merupakan produk dari Haryo Industri, yang selama ini memproduksi berbagai aneka sirup menyehatkan bagi masyarakat.

Dia mengakui, telah melakukan uji klinis, dan hasilnya menunjukkan hal positif. Sirup Daker mampu membantu mengendalikan kadar gula darah, asam urat dan kolesterol. Ada varian sirup yang tersedia, seperti original, jahe, mint, dan rasa kencur.

Dia juga memproduksi aneka minuman jamu, dengan selera para milenial. Mulai dari minuman Dongkel (Godong Kelor) Latte, yang merupakan campuran rempah dengan susu sapi murni.

BACA JUGA: Komunitas Truk Pacitan Dikukuhkan, Ini yang Diharapkan Bupati

Selain itu, ada juga serbuk minuman wedang dongkel, serbuk curcuma, kopi dahsyat (kombinasi kopi, daun sirsat campur rempah, kombucha hingga fermentasi buah nanas).

”Semuanya bermanfaat bagi kesehatan. Minuman seruni juga bagus untuk program diet. Produk saya sudah PIRT dan halal. Program pemerintah memudahkan izin PIRT dan halal. Saat ini proses mendapatkan izin edar,” tandasnya.

Riyan