blank
Informasi gempa bumi yang terjadi di wilayah Banjarnegara dan Wonosobo tadi pagi. Foto : SB/dok Dalops BPBD

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Menjelang subuh, Selasa, 10 Januari 2023 pukul 03.52.19 WIB tadi pagi, wilayah Wonosobo, Jawa Tengah dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik.

Kepala Stageof Banjarnegara Hery Susanto Wibowo menjelaskan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M2.5.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,20° LS ; 109,81° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km arah BaratLaut Wonosobo -Jawa Tengah, pada kedalaman 10 km,” katanya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut dia, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Banjarnegara II MMI Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Warga Tenang

blank
BMKG Jateng menghimbau agar warga tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak jelas. Foto : SB/dok Dalops BPBD

Ditambahkan, hingga hari Selasa, 10 Januari 2023 pukul 05.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” perintahnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id.

“Atau di inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” tandasnya.

Muharno Zarka