blank
Ketua PMI Jepara Sutejo SS saat menyerahkan bantuan kepada Petinggi Dorang ( Foto: Ros)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Banjir akibat limpahan sungai SWD 1 yang melanda Desa Dorang,   semakin tinggi. Bahkan hari ini sebagian wilayah  selatan Desa Dorang tinggi air mencapai  120 Cm. Banjir ini terjadi sejak  Minggu, 01 Januari 2023.

Sementara warga yang terdampak terus meningkat hingga mencapai 2.989 jiwa yang terdiri  1031 KK.  Sedangkan rumah yang terendam meningkat menjadi 148 rumah  dan luas swah yang terancam puso mencapai  150 ha sawah. Untuk membantu warga mulai Kamis pagi didirikan dapur umum  untuk memenuhi kebutuhan makan bagi  2989 orang sekali makan.

blank
Tim saat evakuasi warga (Foto: BPBD|)

Untuk membantu warga maka telah diturunkan tim yang terdiri BPBD/TRC  7 personil,  TNI  1 personil, TAGANA 12 personil,  PMI  7,  UBALOKA 2,  KRJ 3, SENKOM 2,  MDMC 1, Lindu Aji 2,  BANSER / BAGANA  6,  IOF RESCUE  4 dan PP RESCUE  2.

Di Dorang juga sudah didirikan Pos Lapangan yang bertugas melakukan pendataan relawan, pembagian tugas dan  melakukan pendataan bantuan logistik. Disamping itu dibentuk juga tim evakuasi yang bertugas  memobilisasi tim kesehatan serta  evakuasi warga yang sakit. Sedangkan tim kesehatan  telah membuka pos kesehatan  dengan melakukan pemeriksaan kesehatan warga terdampak banjir dan merujuk satu pasien bayi berusia  11 hari  ke RSI  Kudus

Hari PMI Cabang Jepara menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir  diantaranya sarung 50 pcs,  handuk 100 pcs, serbet 40 lembar,  sabun colek 20, sabun mandi, air mineral 40 dos serta berbagai kebutuhan sehari hari.

Disamping itu PMI bekerjasama dengan  Dinsos, BPBD, PMI, BAZNAS juga mendirikan dapur umum. Juga membantu pelayanan kesehatan dari Puskesmas Nalumsari

Hadepe