blank
Ilustrasi bunga sepatu. Foto: Pexels

2. Memelihara kesehatan hati

Teh bunga sepatu juga diteliti dapat meningkatkan kesehatan hati dan membantu membuatnya bekerja secara efisien. Sebuah studi yang melibatkan 19 orang menemukan dengan mengonsumsi ekstrak bunga sepatu selama 12 minggu dapat membantu mengendalikan perlemakan hati. Kondisi ini ditandai dengan menumpuknya lemak di hati dan beresiko memicu gagal hati.

3. Menurunkan berat badan

Jika anda sedang berusaha menurunkan berat badan rutin, meminum rebusan bunga sepatu tentu menarik untuk dicoba. Teh bunga sepatu juga bisa dijadikan pengganti minuman manis berkalori tinggi seperti soda dan jus.

Salah satu studi pada 36 peserta kelebihan berat badan yang mengonsumsi teh bunga sepatu selama 12 minggu menunjukkan ekstrak bunga sepatu dapat mengurangi berat badan lemak tubuh.

Baca Juga: Dapat Menghilangkan Stres, Lima Manfaat Buah Sirsak yang Baik Bagi Kesehatan

4. Menurunkan risiko kanker

Bunga sepatu mengandung polifenol, kelompok senyawa yang dilaporkan memiliki sifat anti-kanker. Selain itu, bunga sepatu juga memiliki sifat antioksidan kuat yang membuat bunga sepatu dapat mencegah pertumbuhan kanker. Dalam satu penelitian tabung reaksi, diketahui ekstrak bunga sepatu dapat mengganggu pertumbuhan sel dan mengurangi inflasi kanker mulut dan sel plasma.

5. Memiliki sifat antibakteri

Manfaat tak kalah menarik dari bunga sepatu adalah sifat anti bakterinya. Bakteri adalah mikroorganisme sel tunggal yang dapat menyebabkan berbagai infeksi mulai dari bronkitis hingga pneumonia dan infeksi saluran kemih. Dalam satu studi, ekstrak bunga sepatu dapat menghambat aktivitas siklik sejenis bakteri yang dapat menyebabkan gejala seperti kram dan diare.

6. Menurunkan kolesterol

Manfaat selanjutnya dari bunga sepatu yaitu dapat menurunkan kolesterol. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 menunjukkan 90 orang dengan tekanan darah tinggi yang mengonsumsi teh bunga sepatu dua kali sehari selama 30 hari memiliki penurunan signifikan kolesterol jahat.

Baca Juga: Selain Menjaga Kesehatan Mata, Enam Manfaat Sayuran Brokoli bagi Kesehatan Anak.