blank
Ilustrasi bunga sepatu. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bunga sepatu merupakan tanaman semak dari suku Malvaceae, yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga sepatu dikenal sebagai tanaman hias yang banyak ditemui di pekarangan.

Dilansir dari Suara.com tak cuma indah, bunga sepatu juga dimanfaatkan sebagai bahan herbal. Penelitian juga telah menemukan berbagai manfaat kesehatan yang terkait teh bunga sepatu.

Teh tersebut dibuat dari kelopak kering bunga sepatu berwarna merah tua. Teh ini memiliki rasa manis dan asam serta dapat dikonsumsi panas atau dingin.

Baca Juga: Lima Dampak Buruk Berlebihan Dalam Bekerja Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Bunga dengan warna beragam ini menawarkan beraneka manfaat kesehatan yang mungkin tidak Anda kira sebelumnya. Oleh karena itu, berikut adalah 9 manfaat bunga sepatu untuk kesehatan.

1. Menurunkan tekanan darah

Salah satu manfaat bunga sepatu adalah untuk menurunkan tekanan darah. Ulasan 5 studi tahun 2015 menemukan bahwa teh bunga sepatu dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Dilansir dari Livestrong, satu studi yang diterbitkan dalam edisi Juli 2004 phytomedicine menemukan bahwa subyek yang mengonsumsi air dari 10 gram kelopak kering dari bunga sepatu selama empat minggu mengalami penurunan tekanan darah. Namun jika anda mengonsumsi obat diuretik hidroklorotiazid, rebusan bunga sepatu tak bisa dikonsumsi karena keduanya dapat berinteraksi.

Baca Juga: Lima Tips Menjaga Kesehatan Baterai Handphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama