blank
Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto dan Kabag Ops Kompol Dr Dwi Krisyanto (kedua dan kesatu dari kanan menghadap lensa), menyampaikan materi konperensi pers akhir tahun kepada awak media.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jumlah kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Wonogiri mengalami kenaikan 61,06 persen. Tahun 2021 sebanyak 771 kejadian, dan Tahun 2022 sebanyak 1.297 kejadian.

Jumlah korban Meninggal Dunia (MD) dan luka ringan di Tahun 2021 sebanyak 81 orang dan 830 orang. Kemudian di Tahun 2022 sebanyak 97 orang dan 1.406 orang.

Kecelakaan tunggal Minibus AD 1694 BG yang terguling di tanjakan terjal Dusun Kepuh, Desa Bumiharjo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri menjadi kasus menonjol di Tahun 2022. Karena kecelakaan yang terjadi Senin (21/11) tersebut, menyebabkan 8 orang tewas dan 6 luka-luka.

Kapolres Wonogiri, Dydit Dwi Susanto, Sabtu (31/12), mengungkapkan hal itu kepada awak media, terkait penyampaian materi Konperensi Pers akhir Tahun 2022. Hadir mendampingi Kapolres, Kabag Ops Kompol AKP Dr Dwi Krisyanto, Kabag Log Kompol Hadijah Sahab, Kabag Ren Kompol Kukuh Wiyono bersama para Kasat dan Kasi serta Perwira Polres.

Kasus menonjol lain di Tahun 2022, terkait dengan penanganan Pondok Pesantren Ukhuwah Islamiyah (PPUI) Khilafatul Muslimin di Dusun Jaten, Desa Wonokerto, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri. Dalam kasus ini, polisi bersama aparat Tim Gabungan mengamankan 7 orang tersangka.

Tahun Baru

Kepada awak media, juga diungkapkan tentang data penanganan tindak kriminal, kejadian bencana alam, penanganan kasus korupsi dan kasus bank plecit.

Pada bagian lain, Kapolres mengungkapkan kemajuan Polres Wonogiri yang telah membangun SATPAS Surat Izin Mengemudi (SIM), optimalisasi pelayanan kepolisian, pelayanan keliling SKCK, SPKT dan Samsat. Juga sosialisasi kemudahan mengontak bantuan melalui call center Polri 110, dan kemudahan penyampaian laporan melalui program Matur Pak Kapolres.

Untuk pengamanan perayaan malam Old and New Year Sabtu malam (31/12), diturunkan 500 personel polisi yang didukung personel TNI dari Kodim 0728 bersama aparat dari Dishub dan Satpol-PP. Juga meminta bantuan Brimob dan di-backup dari Polsek.

Pengamanan malam Old and New Year dilakukan di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri yang menampilkan konser Musik dengan mendatangkan group band papan atas ADA Band dari Jakarta.

Bersamaan itu, juga melakukan pengamanan pesta kembang api di Oemah Rayap Selogiri, event Car Free Night di Kecamatan Giritontro, dan festival seni penyambutan Tahun Baru 2023 di Desa Saradan Kecamatan Baturetno.

Bambang Pur