blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sejumlah sektor penting dalam pembangunan. harus mampu beradaptasi dalam perubahan yang cepat. Disrupsi akibat ancaman bencana alam dan pandemi, harus menjadi bagian pertimbangan dalam pembuatan kebijakan berkelanjutan di masa datang.

”Segera lakukan evaluasi pelaksanaan kebijakan di sejumlah sektor, untuk dijadikan dasar perbaikan pelaksanaan kebijakan yang lebih baik, pada 2023,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/12/2022).

Salah satu yang mempengaruhi sejumlah kebijakan beberapa tahun terakhir, ujar Lestari, adalah pandemi covid-19, dan kondisi sejumlah wilayah Indonesia yang rawan terhadap bencana alam.

BACA JUGA: Ganjar Buktikan Komitmen Lindungi Nelayan hingga Disablitas

Rerie, sapaan akrab Lestari menilai, kebijakan di sektor pendidikan dan kesehatan yang merupakan bagian penting dalam proses pembangunan sumber daya manusia yang unggul, harus mampu beradaptasi dengan ancaman itu.

Di sektor pendidikan, ujar Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, memulihkan pembelajaran pascapandemi, untuk meminimalkan learning loss atau hilangnya pengetahuan dan keterampilan dalam proses belajar. Dan hal ini harus menjadi perhatian semua pihak, dalam membuat kebijakan.

Para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, tambah anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, perlu memberikan ruang terhadap sistem pendidikan yang resilien dan adaptif, karena kerentanan posisi geografis Indonesia yang rawan bencana.

BACA JUGA: Senat Mahasiswa Komitmen Bentuk Organisasi Mahasiswa yang Ideal

”Membangun sistem pendidikan yang lebih tahan dan adaptif terhadap bencana, harus dilakukan. Ini mengingat disrupsi, seperti pandemi covid-19 dan bencana alam sangat mungkin terjadi lagi,” tegas Rerie.

Demikian juga kebijakan sektor kesehatan Nasional, ujarnya, yang harus mengedepankan pembangunan sistem pencegahan, lewat deteksi dini sejumlah penyakit, yang berpotensi meluas di masyarakat.

Upaya memenuhi kecukupan jumlah dan pemerataan penempatan dokter di Tanah Air, tambah Rerie, masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dituntaskan, lewat pengembangan sistem kesehatan Nasional yang mampu beradaptasi dengan kondisi negeri ini.

”Sejumlah tantangan itu, sangat membutuhkan dukungan seluruh anak bangsa untuk mewujudkannya, demi keberlangsungan proses pembangunan yang berkelanjutan,” tandas dia.

Riyan